22 Dec 2020, 17:25Penyakit Lainnya

Anus sakit, dan ada benjolan kenapa?

WT
Info Penanya: WT, Pria0
Dok akhir2 ini saya habis berpergian jauh setelah itu olahraga saya sangat ketat juga dan di tambah sering duduk lama, sehingga bagian pantat dekat dg anus sakit lalu saya cek dg memasukkan jari ke anus,di bagian bawah/belakah kaya ada benjolan dikit apakah itu ambein saya kumat lagi ,dan bagaimana cara menghilangkan sakit dan cairan yg keluarnya?
644 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, WTerima kasih atas pertanyaan AndaBenjolan pada anus bisa terjadi secara tiba-tiba atau berasal dari benjolan yang kecil dan lama kelamaan semakin membesar. Kondisi ini tentunya tergantung dari penyebab banjolan tersebut apakah karena ada pembesaran dan atau disertai dengan pembengkakakan di sekitar anus, adanya ifneksi atau karena adanya kondisi medis yang lainnya.

Adapun beberapa penyebab bejolan di anus yang terasa nyeri adalah:

  • Amebeien atau wasir
  • Abses anus
  • Fistula anus
  • Perianal hidrantitis supurativa
  • Kanker anus
Terkait dengan keluhan yang Anda rasakan salah satunya bisa terjadi karena beberpa kondisi yang telah di sebutkan di atas. Bila terdapat riwayat ambeien atau wasir pada Anda, maka kekambuhan dari wasir ini bisa menyebabkan keluhan yang Anda rasakan terlebih jika Anda telah melakukan aktivitas duduk dalam jangka waktu yang lama.Sementara ini tindakan yang bisa Anda lakukan adalah: 
Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis bedah terdekat untuk tatalaksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
masalah pencernaankanker anusnyeri anuswasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil