11 Jan 2021, 01:54Penyakit Lainnya

Penyebab benjolan di anus dan cara menghilangkannya

RR
Info Penanya: RR, Pria, 21 Tahun
Selamat malam dok Maaf menganggu waktu nya. Dok anus/dubur saya ini ada benjolan, rasanya nyeri dan susah kalau duduk dok, kirakira penyebab nya apa ya dok. Dan bagaimana cara menghilangkan nya. Trimakasih dok.
253 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, RR.Benjolan pada anus paling sering disebabkan oleh hemoroid, atau dikenal juga dengan sebutan ambeien atau wasir. Penyebab kondisi ini adalah pelebaran pembuluh darah daerah anus. Selain benjolan, terkadang hemoroid juga akan disertai gejala lain, misalnya rasa nyeri atau keluar darah saat buang air besar.Ada empat derajat hemoroid, yakni:
  • derajat I, ketika benjolan masih di dalam anus
  • derajat II, ketika benjolan keluar namun dapat masuk kembali
  • derajat III, ketika benjolan keluar dan untuk memasukkannya perlu didorong dengan tangan
  • derajat IV, ketika benjolan tidak dapat dimasukkan lagi
Nah, untuk keluhan hemoroid Anda, perlu diketahui dulu derajat berapa yang Anda alami. Pasalnya, biasanya derajat I dan II masih dapat membaik tanpa operasi, dan bisa dicoba diobati dengan menggunakan obat dan salep hemoroid. Sedangkan untuk derajat III dan IV, biasanya membutuhkan tindakan operasi.Untuk itu, coba konsultasikan terlebih dahulu keluhan Anda secara tatap muka kepada dokter spesialis bedah. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui derajat berapakah hemoroid Anda, dan menyarankan terapi yang sesuai.Kemudian, dianjurkan agar Anda mengonsumsi banyak serat dari buah dan sayur-mayur. Konsumsi juga air putih yang cukup, ya. Hal ini bertujuan agar tinja melunak, sehingga tidak membuat benjolan semakin nyeri atau mengeluarkan darah. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
nyeri anuswasirhemorrhoid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil