Antisipasi corona karena baru pulang dari jepang

RA Info Penanya: RA
Hai Dok.. Mohon info.. Kebetulan adikku akan pulang dr Jepang ke indonesia pada tgl 27 maret ini. Langkah2 yg harus dia lakukan apa ya? Mengingat test covid19 itu masa inkubasi nya bisa 14 hari. Sedangkan di rumah banyak orang2 yg sdh tua. Saya khawatir, bila tiba2 ada gejala..sedangkan dia sdh berinteraksi di masa 14hari itu. Apakah dr bandara dia harus ke rs test dulu atau bagaimana? Mohon info nya dok.. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore RA,

Virus corona adalah virus yang memiliki kemampuan penularan tinggi. Apabila sebelumnya baru pulang dari negara yang terdampak infeksi COVID-19 maka akan diberikan Kartu Kewaspadaan Kesehatan (Health Alert Card) yang diberikan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan saat mendarat. Dalam hal ini berarti akan dikategorikan sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP).

ODP sendiri perlu melakukan karantina diri selama 14 hari dengan memperhatikan ada tidaknya gejala yang timbul seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, atau sesak napas. Jika ada maka perlu memeriksakan diri pada fasilitas kesehatan yang menangani infeksi COVID-19. 

Jika dalam 14 hari pasca kepulangan tidak ada gejala tersebut maka tidak perlu memeriksaan diri.

Untuk orang lain yang kontak dengan adik Anda juga perlu memperhatikan ada tidaknya keluhan dalam 14 hari. Jika ada gejala dalam 14 hari tersebut maka perlu memeriksakan diri untuk memastikan penyebabnya dan akan dilakukan penanganan sesuai protokol.

Untuk itu perlu dilakukan beberapa hal untuk mencegah penularan seperti:

  • Upayakan menjaga kebersihan diri
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Melakukan social distancing
  • Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir
  • Menjaga daya tahan tubuh dan menggunakan masker jika mengalami gejala saluran pernapasan
  • Melakukan etika batuk dan bersin yang baik.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Panduan cara pakai masker yang benar yang dianjurkan

Sisi Berwarna Hijau atau Putih, Bagaimana Cara Pakai Masker Yang Benar?

Masker yang digunakan banyak orang untuk menghindari paparan virus dan bakteri penyebab penyakit memiliki dua sisi berbeda, yaitu sisi berwarna hijau dan sisi berwarna putih. Sudah tahukah Anda cara pakai masker yang benar?