Antioksidan adalah kandungan yang selalu ada dalam buah-buahan, benarkah?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Malam dok, apa betul antioksidan adalah kandungan yang selalu ada dalam buah-buahan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Antioksidan adalah sebuah molekul yang dapat menangkal efek dari radikal bebas. Di masa sekarang, sangat banyak radikal bebas yang mudah ditemui, seperti dari udara luar, makanan berpengawet dan berperasa, bahan kimia pada produk perawatan tubuh, maupun logam berat yang terkandung di air. Apabila radikal bebas terpapar terus menerus, akan memicu penyakit kronis, misalnya kanker.

Oleh karena hal tersebut, tubuh sangat membutuhkan antioksidan dari makanan, karena antioksidan produksi tubuh belumlah cukup. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung antioksidan, seperti bubuk kakao, teh hijau, sayur, serta buah-buahan. 

Pada dasarnya, hampir semua buah-buahan mengandung antioksidan, tetapi kadarnya berbeda-beda. Antioksidan yang tinggi dapat ditemukan pada buah delima, blueberry, anggur, dan blackberry. 

Manfaat Antioksidan

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan secara teratur, Anda akan mendapatkan manfaat kesehatan sebagai berikut:

  • Membantu mencegah terjadinya penyakit kronis
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencerahkan dan menjaga keremajaan kulit
  • Membantu menjaga kesehatan mata
  • Membantu menjaga kestabilan berat badan di angka yang ideal

Jangan lupa, selain mengonsumsi antioksidan, konsumsi juga kebutuhan gizi lainnya, yaitu karbohidrat kompleks, lemak sehat, protein, vitamin, serta mineral, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selada air mengandung banyak nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Tak Kalah dari Saudaranya, Ini Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Manfaat selada air bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, menjaga kesehatan jantung, hingga menurunkan berat badan.