16 Jun 2020, 14:59Perut

Apakah riwayat maag boleh makan durian?

V
Info Penanya: V0
Hallo dokter.. Saya punya riwayat maag (gastritis) sebelumnya. Saya ingin sekali makan durian. Jadi saya minum antasida 1 jam sebelum mengkonsumsi durian. Saya makan 5 biji. Pertanyaan saya apakah aman mengkosumsi antasida sebelum makan durian? Apa ada bahaya?terimakasih sebelumnya
23611 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang V,Durian adalah buah yang memiliki rasa dan bau yang khas. Rasa durian sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu buah yang terenak dan bisa diolah menjadi beragam olahan makanan. Meskipun begitu, ternyata durian memiliki beberapa kandungan yang bisa membuat gangguan pencernaan dan masalah kesehatan lain.Salah satunya pada penderita maag, asam lambung, ataupun juga pada ibu hamil sebaiknya menghindari mengonsumsi durian. Pada penderita maag dan asam lambung, durian dapat meningkatkan gas di dalam saluran pencernaan yang bisa menimbulkan gejala maag kambuh, menimbulkan rasa kembung ataupun menjadi begah.

Manfaat kandungan buah durian

Buah durian sendiri memiliki kandungan alkohol jadi apabila sedang hamil agar bisa menghindari mengonsumsi durian terlalu banyak. Beberapa manfaat dari kandungan durian sendiri adalah:
  • Mengandung serat 
  • Mengandung vitamin yang baik untuk antioksidan
  • Memiliki manfaat untuk melawan infeksi
  • Menurunkan kadar gula darah
Apabila mengonsumsi obat maag sebelumnya, memang bisa mengurangi gejala yang timbul tetapi sebaiknya mengonsumsi buah durian secukupnya saja misalnya hanya 2-3 potong saja.Jika setelah makan durian keluhan maag kambuh maka sebaiknya menghindari mengonsumsi buah durian dan bisa mengonsumsi olahan makanan lain yang memiliki varian rasa durian seperti misanya eskrim. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
tips kesehatanibu hamil makan durianbuah dan sayuran
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil