Berhubungan setelah haid dan melewati tanggal KB, apakah bisa hamil ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Dok saya kan waktu habis haid saya berhubungan tetapi buangnya didalam terus melewati 2 hari saya tanggal kb kira" kalau saya seperti tu hamil tidak iya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, R.

Berhubungan setelah haid merupakan keadaan yang dapat menyebabkan kehamilan karena beberapa hari setelah haid berhenti, bertepatan dengan masa subur. Hal ini berhubungan pula dengan sperma yang dapat bertahan di dalam tubuh selama 3-5 hari. Sehingga dapat mencapai waktu masa subur yang umumnya berkisar pada hari ke 10 sampai ke 17 jika di hitung dari hari pertama haid.

Mengenai Anda yang melakukan hubugan dengan riwayat ejakulasi di dalam tanpa menggunakan alat kontrasepsi apapun dan melewati tanggal penggunaan KB, umumnya peluang kehamilan cukup tinggi. Namun demikian perlu diketahui sebelumnya KB yang digunakan apa dan sudah berapa lama digunakan. Karena pada KB hormonal, salah satu efek sampingnya adalah menunda kesuburan. Sehingga peluang kehamilan bisa tetap ditekan walaupun keterlambatannya tetap memberikan risiko penurunan efektivitas.

Untuk sementara ini Anda dapat menunggu siklus haid selanjutnya dan memantau apakah terjadi keterlambatan atau tidak. Jika terjadi keterlambatan ada baiknya melakukan test pack dan diulang kembali satu minggu setelahnya agar lebih akurat. Jika tidak ada ketertambatan haid hendaknya untuk mengikuti jadwal KB dengan tepat dan jika jadwalnya terlewat kembali, berhubungan dengan pasangan dapat menggunakan bantuan kontrasepsi sementara seperti kondom. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat anggur untuk ibu hamil sangatlah luar biasa, tapi waspada juga efek sampingnya!

Tak Hanya Lezat, Ini 10 Manfaat Anggur untuk Ibu Hamil dan Bayinya

Manfaat anggur untuk ibu hamil dan janin di dalam rahim tak lepas dari kandungan nutrisinya yang luar biasa!