Apa penyebab demam dan bentol di leher anak?

KK Info Penanya: KK
Misi dok ank sy umur 3 THN kemarin tgl 27/04/2020 ank sy demam dok awalnya keluar bercak merah trus demam tinggi 38.lbh dok.langsung sy bw kerumh sakit terdekat.sampai dirumh ank Trun sedikit demamnya.nah masuk ke 2 hry ank sy 2x muntah.abis mkn dan minum obat.tpi Alhamdulillah cuma itu aj muntahnya.dan pas masuk 3hry ni dry pagi sampai MLM ank suhu 3.6 sore 36.8 magrib 37.1.pas tidur jdy 3.8 dok dan terus keluar merah" dok sprti bentol tpi agk besar di leher dada pipi dan tangan.mksh dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, K. 

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Demam pada anak merupakan suatu kondisi yang sering terjadi pada anak-anak. Ketika anak-anak mengalami demam, itu mengindikasikan bawah terjadi infeksi di dalam tubuh anak. Infeksi ini bisa disebabkan karena bakteri, virus, maupun parasit yang lain. 

Demam yang naik turun merupakan pertanda bahwa ada infeksi yang akut dan harus diobati sesegera mungkin. Pada umumnya, demam pada anak bukan merupakan suatu hal yang berbahaya. Tetapi, akan menjadi bahaya jika disertai dengan gejala kejang, gelisah, dehidrasi, dan sulit makan.

Kondisi demam yang dialami oleh anak Anda ini harus segera diatasi. Bentol-bentol merah dan besar di sekitar leher, dada, pipi, dan tangan bisa jadi efek dari suhu badan yang meningkat atau bisa juga merupakan gejala awal alergi. 

Untuk mengatasi hal ini, saya sarankan untuk Anda membawa anak Anda kembali periksa ke dokter anak agar dilakukan pemeriksaan lab darah. Sehingga dapat diketahui secara pasti penyebabnya dan terapi yang diberikan pun tepat.

Untuk sementara, Anda bisa memberikan obat penurun panas yaitu paracetamol setiap 4 jam kepada anak Anda dan dibantu juga dengan kompres air suhu biasa ke dahi.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi mata juling dapat kembalikan rasa percaya diri pada anak

Operasi Mata Juling Untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri Anak

Mata juling adalah kondisi di mana posisi kedua mata tidak sejajar. Akibatnya, mata tidak bisa bersamaan melihat suatu objek. Operasi mata juling bisa sebagai pilihan untuk langkah penyembuhan.