19 Jun 2021, 13:01Penyakit Lainnya

Pilek tidak kunjung membaik, kenapa?

SA
Info Penanya: SA0
mohon maaf dok ijin bertanya, saya sudah mengalami pilek 2minggu, tp untuk ingus nya hanya cair berwarna putih. sebelumnya awal pilek saya sempat tidak bisa mencium bau dan menjalani isolasi mandiri, minum banyak vitamin sampai membeli obat tetes hidung, tetapi pilek saya sudah 2minggu kok belum sembuh ya? mohon solusinya dokter?
148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaPilek adalah kondisi yang berupa hidung tersumbat, bersi-bersin dan keluar ingus dari hidung. Kondisi ini palings ering disebabkan oleh adanya infeksi saluran pernapasan, sebagai contoh adalah influenza. Keluhan pilek ini seringkali disertai dengan beberapa keluhan penyerta lain seperti hilangnya kemampuan mencium  bau  (anosmia), pusing, demam, nyeri otot, nafsu makan menurun, dan lain sebagainya. 

Selain karena flu, anosmia juga bisa terjadi karena:

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari keluhan pilek yang tidak kunjung membaik dan disertai dengan anosmia bisa dikarenakan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas. Untuk mengetahui penyebab pastinya, alangkah baiknya melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis THT terdekat. Tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan tetap menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar, tetap gunakan masker, jaga jarak dengan orang lain, konsumsi makanan bergizi, konsumsi sayur dan buah, cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, dan lakukan istirahat cukup. Bila diperlukan dokter akan menyarankan melakukan pemeriksaan swab PCR.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
fluanosmiacoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil