05 Mar 2021, 17:29Penyakit Lainnya

Bagaimana cara mencegah anemia ?

DS
Info Penanya: DS0
selamat sore dok. don sayakan periksa Serum Iron, dan TIBC hasilnya normal dok, namun hasil ferritinya menurun dok itu gimana y dok?
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, D.Memiliki tubuh yang bugar, harus dengan berbagai usaha termasuk mengkonsumsi makanan sehat. Makanan sehat salah satunya dengan kandungan zat besi yang cukup. Asupan zat besi yang kurang terutama pada wanita remaja, wanita hamil, wanita menyusui dimana mengalami menstruasi setiap bulan lebih berisiko terkena anemia. 

Bagaimana cara mencegah anemia ?

Anemia adalah suatu kondisi tubuh kekurangan sel darah merah. Komponen pembentuk darah merah salah satunya zat besi. Anemia karena kekurangan zat besi (ADB) memberikan gambaran ferritin menurun, TIBC meningkat dan serum iron menurun. Jika yang terjadi pada Anda kadar ferritin menurun namun serum iron dan TIBC normal bisa karena kompensasi tubuh mencegah anemia lebih lanjut atau anemia disebabkan oleh faktor lain seperti anemia hemolitik dan anemia campuran. Anda juga sebaiknya memeriksan bentuk dari sel darah merah apakah makrositik, normositik atau mikrositik agar penyebab lebih jelas.Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan tubuh agar tidak mengalami anemia dengan cara :
  • Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi asam folat dan zat besi.
  • Mengatasi semua sumber perdarahan seperti haid berkepanjangan, perdarahan saluran cerna (ambeien), penyakit kronis.
  • Olahraga secara rutin agar tubuh bugar.
  • Tidak minum minuman berkafein setelah makan.
  • Konsumsi vitamin C untuk meningkatkan penyerapan zat besi.
Jika Anda masih mengalami anemia dengan konsisi tubuh yang lemah, mudah mengantuk, selalu merasa lelah, nyeri kepala, segera lakukan pemeriksaan ulang di dokter spesialis penyakit dalam.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
anemia aplastikanemia defisiensi vitamin b12 dan folatanemia hemolitik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil