Anda sering mengalami hipotensi (tekanan darah rendah), bagaimana mengobatinya ?

AI Info Penanya: AI, Pria, 19 Tahun
Maaf dok,,, mau tanyaMakanan apa saja ya yg boleh d konsumsi oleh penderita hipotensi untuk menstabilkan tensinya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AI.

Tekanan darah rendah/Hipotensi adalah kondisi dimana tekanan darah (rasio tekanan sistolik dan tekanan diastolik) didapatkan lebih rendah dari nilai normal yang umum ditemukan pada individu normal, yang pada pengukuran tekanan darah kurang atau sama dengan 90/60 mmHg.

Penyebab tekanan darah rendah antara lain hipotensi ortostatik. Seharusnya pembuluh darah berespon terhadap gravitasi dengan kontraksi (menyempit), dan dengan demikian dapat meningkatkan tekanan darah, jika kita berdiri dari posisi duduk atau berbaring. Hipotensi ortostatik berarti bahwa pembuluh darah tidak merespon saat terjadi perubahan posisi, misalnya dari duduk ke posisi berdiri, sehingga terjadi penurunan tekanan darah. Penyebab hipotensi ortostatik meliputi: penyakit sistem saraf (seperti neuropati), istirahat di tempat tidur dalam waktu yang lama , irama jantung yang tidak teratur, penyakit kencing manis (kerusakan saraf mengganggu refleks yang mengontrol tekanan darah).
Penyebab tekanan darah rendah lainnya adalah dehidrasi (kekurangan cairan), gagal jantung, serangan jantung, gangguan irama jantung, psikis (stres emosional, takut, rasa tidak aman/nyeri), anafilaksis (reaksi alergi yang mengancam jiwa), donor darah, perdarahan, kehamilan, etherosklerosis (pengerasan dinding arteri), sepsis, penyakit tiroid, dan obat-obatan (beta bloker, nitrogliserin, diuretik, antidepresan).

Pengobatan hipotensi tergantung penyebabnya, hipotensi tidak bisa sembuh jika tidak di ketahui penyebab yang mendasarinya. Mengingat banyak kondisi yang menyebabkan tekanan darah rendah, sebaiknya periksakan diri anda ke dokter spesialis penyakit dalam untuk pemeriksaan lebih lanjut agar dapat di ketahui penyebab dari keluhan anda, sehingga terapi yang di berikan tepat.


Beberapa makanan yang dapat anda konsumsi untuk meningkatkan tekanan darah :

  • Perbanyak konsumsi buah-buahan
  • Konsumsi makanan yang tinggi vitamin B12 seperti telur dan daging
  • Makan makanan yang tinggi asam folat seperti asparagus dan hati
  • Konsumsi makanan yang tinggi seperti keju, ikan asar dan ikan asin
  • Minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.


Anda bisa menyimak lebih detail tentang hipotensi, pada artikel berikut.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sesak napas mendadak dapat terjadi karena beberapa penyebab

Ketahui, 7 Hal Ini Ternyata Jadi Penyebab Sesak Napas secara Tiba-tiba!

Sesak napas atau dispnea dapat terjadi ketika paru-paru tidak mendapat udara yang cukup. Terkadang sesak napas datang secara mendadak. Penyebabnya adalah asma, emboli paru, pneumonia, hingga gagal jantung.