Anda sering mengalami cantengan, bagaimana pengobatannya ?

UA Info Penanya: UA, Pria, 19 Tahun
Cara mengobati cantengan?Apakah harus di lakukan operasi pencabutan kuku?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, UA.

Cantengan merupakan kondisi dimana bagian sisi samping kuku tumbuh menekan jaringan lunak/kulit di sekitarnya, yang mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkak dan terkadang infeksi. Cantengan biasanya terjadi pada jempol kaki.

Kondisi seperti ini dapat sembuh namun dapat kambuh kembali. Jika anda mempunyai penyakit diabetes melitus (kencing manis) atau gangguan aliran darah pada kaki, cantengan bisa menimbulkan komplikasi.

Penyebab cantengan :

  • Memakai sepatu yang terlalu sempit
  • Mengguntung kuku jari kaki terlalu pendek
  • Cedera/trauma
  • Bentuk kuku jari kaku yang tidak biasanya

Yang dapat anda lakukan adalah jaga kebersihan jari kuku, memakai sepatu yang sesuai, gunting kuku jangan terlalu pendek, jika terasa nyeri anda bisa minum obat pereda nyeri, jika ada tanda infeksi seperti adanya nanah segera ke dokter agar mendapat pengobatan yang sesuai. Perlu tidaknya dilakukan pencabutan kuku baik sebagian atau seluruhnya tergantung kondisi jari kuku saat di periksa.

selengkapnya mengenai cantengan dapat anda baca pada artikel berikut.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan mencukur bulu ketika adalah salah satu penyebab timbulnya bisul ketiak

Bisul di Ketiak Bisa Muncul Karena Kebiasaan Ini

Bisul adalah infeksi folikel rambut atau kelenjar minyak di kulit. Bisul pada ketiak dapat muncul akibat keringat berlebih, kebersihan ketiak yang buruk, hingga kebiasaan mencukur bulu ketiak. Meski begitu, bisul ketiak bukanlah suatu kondisi yang berbahaya.