01 Apr 2021, 23:46Psikologi

Apakah minum obat penenang dari dokter jiwa mempengaruhi ASI ?

AU
Info Penanya: AU0
assalamualaikum dok.. sy mau bertanya apakah ada pengaruhnya pada saat menyusui sy mengkomsusi obat dri psikiater, sudah setahun lebih sy kena cemas berlebihan dri umur anak sy 50 hri smpe skrg sudahb1 tahun 6 bulan sy masih konsumsi obat dan tetap menyusui anak sy.. perkembangan anak sy baik dan norman sudah pintar ngomong tpi gampang sakit trus anaknya rewel dan cengeng... apapkah itu smua pengaruh dri asi sy dok? mohon penjelasan dan solusinya..???
97 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, A.Mengkonsumsi obat saat ibu sedang menyusui menimbukan rasa cemas akan mempengaruhi ASI dan perkembang anak terlebih obat tersebut berupa obat penenang yang dikonsumsi dalam waktu lama.

Apakah minum obat penenang dari dokter jiwa mempengaruhi ASI ?

Beberapa obat tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui karena dapat lewat dan masuk ke ASI.  Sebagian besar obat penenang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui. Dokter jiwa akan mempertimbangkan apakah lebih banyak manfaat yang didapat jika ibu mengkonsumsi obat daripada ibu tidak mengkonsumsi obat tersebut. 

Bagaimana cara mengatasi cemas berlebih tanpa obat ?

Terapi kejiwaan terutama depresi pasca melahirkan, rasa cemas yang berlebih tidak hanya obat saja. Ada beberapa terapi lain yang dapat dilakukan antara lain :
  • Minta bantuan pengasuh, suami dan keluarga jika Anda merasa lelah.
  • Lakukan liburan.
  • Belanja barang yang Anda sukai.
  • Berenang dan yoga.
  • Makan makanan favorit.
Untuk mengetahui pasti apakah anak Anda rewel karena pengaruh obat, harus konsultasi ke dokter anak serta dokter psikiater. Rewel pada anak juga banyak sekali penyebab bukan hanya karena obat penenang.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.  
mengatasi depresikehidupan pasca melahirkangangguan kecemasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil