Anak usia lima belas bulan belum bisa berjalan dengan lancar

SN Info Penanya: SN, Wanita, 25 Tahun
Dear dokter,Dok, saya memiliki anak usia 15 bulan 1 minggu yang sudah sangat bawel, tapi masih belum bisa berjalan. Anak saya sudah bisa mengucapkan : mamah, papah, mbah, engga, engga mau, num, namun untuk berjalan terlihat seperti takut. Saya mohon bantuannya untuk langkah selanjutnya saya harus dilakukan agar anak saya bisa jalan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu SN,

Kemampuan berjalan anak sangat bervariasi dan berbeda antara setiap anak, umumnya berkisar sejak umur 9 bulan sampai paling telat 18 bulan. Kemampuan berjalan anak juga berhubungan erat dengan perkembangan motorik dan sensorik lainnya.

Bila saat ini pada usia 15 bulan, si kecil sudah bisa berdiri dengan berpegangan, berjalan sambil ditatah dan dapat mengucapkan kata-kata yang sederhana maka itu merupakan tanda pertumbuhan yang normal. Tidak perlu terlalu khawatir dan menyalahkan diri sendiri karena tidak selalu bisa bersama sang buah hati.

Ibu dapat memanfaatkan waktu disaat liburan kantor untuk mengawasi dan membimbing anak sehingga masa – masa indah perkembangan anak tidak terlewat oleh Ibu.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)