Anak usia enam belas bulan belum bisa berdiri, duduk

N Info Penanya: N, Wanita, 31 Tahun
Dear Dokter, bayi saya sekarang ini belum bisa duduk dan berdiri sendiri saat posisi tengkurap, sebenarnya bayi saya bisa duduk dan tidak jatuh dalam jangka waktu yang lama tetapi harus dibantu terlebih dahulu. Saat ini saya memiliki bayi berusia 16 bulan, sejak usia 7 bulan senang berjalan sambil memegang tangan saya. Namun, Untuk saat ini, bayi saya sudah bisa berjalan tetapi dengan mendorong-dorong kursi. Apakah Dokter punya solusi supaya bayi saya bisa duduk dan berdiri tanpa dibantu oleh saya? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu N,

Batita berumur 16 bulan dalam perkembangan motorik umumnya adalah sudah dapat berlari dan naik turun tangga tanpa bantuan dan dapat duduk sendiri di kursi.

Yang dapat orang tua lakukan untuk mendukung perkembangan anak adalah :

  • Selalu temani anak untuk bermain di luar ruangan, berjalan (titah) di lapangan pasir atau pantai tanpa alas kaki, bermain ayunan untuk melatih keseimbangan anak
  • Perlahan-lahan jauhkan anak dari kursi, dan ajak anak merangkak dengan perpegangan di dinding dan meja

Secara normal  anak paling lama akan dapat berjalan pada umur 19 bulan, namun setiap anak perkembangannya selalu unik dan tidak sama dengan saudaranya atau anak yang lain.

Nikmati saja pertumbuhan dan perkembangan anak dan selalu dampingi anak dalam masa emas pertumbuhannya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mikrosefali menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak yang dapat memengaruhi kualitas hidupnya

Mikrosefali dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Tumbuh Kembang Anak

Mirkosefali adalah kondisi ketika kepala bayi memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan ukuran normal. Mirkosefali menyebabkan gangguan tumbuh kembang anak yang dapat memengaruhi kualitas hidupnya.