Anak usia 8 tahun dengan hasil lab trombosit 140000, selain obat dari dokter apakah ada saran lainnya?

YA Info Penanya: YA
Pagi dok anak saya umur 8 tahunAbis cek labTrombosit 140000Led 70Eosofil 6Lomosit 42Cara penanganan gimana selain obat dari dokterApa saja yang bagus untuk di makan dan tidak bagus untuk d makan.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, YA

Kalau dari hasil laboratorium darahnya, anak anda mengalami infeksi kemungkinan infeksi virus. Bila hasil lab leukosit dalam batas normal berarti daya tahan tubuhnya bisa melawan infeksinya dengan baik. Trombosit adalah bagian dari darah yang berfungsi untuk pembekuan darah sehingga bila ada luka tidak terlalu banyak kehilangan darah. Salah satu penyakit yang ditakuti adalah Demam Berdarah Dengue karena penurunan kadar trombosit sehingga mudah terjadi perdarahan di luar maupun di dalam tubuh.

Untuk membantu menaikkan kembali jumlah trombosit yang turun bisa mengkonsumsi makanan sehat terutama yang kaya akan asam folat, zat besi, Vitamin B12, C, D dan K. Hindari minuman yang mengandung pemanis buatan. Anda bisa mendapatkan zat gizi tersebut dari sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa makanan bergizi dengan porsi seimbang serta banyak minum air putih.

Jika keluhannya tidak membaik sebaiknya kontrol kembali dengan Dokter untuk evaluasi kembali dan pemeriksaan laboratorium ulang. Saya lampirkan artikel Musim Hujan Datang, Awas Bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) untuk informasi tambahan

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Vaksin MMR bisa menjadi alternatif untuk pencegahan gondongan pada anak

Cara Mudah dan Efektif Mengobati Gondongan pada Anak

Gondongan adalah penyakit yang biasa terjadi pada anak-anak yang mengakibatkan rasa sakit saat menelan. Agar anak terhindar dari gondongan, pemberian vaksin MMR merupakan cara yang aman dan efektif. Namun, anak yang terlanjur terkena gondongan, harus diobati dengan 6 cara berikut : bantu anak beristirahat, beri obat penghilang rasa sakit, mengompres, beri makanan lembut, hindari makanan asam, dan beri banyak cairan.