Anak usia 5 bulan sedang batuk pilek dan telinganya keluar darah seperti mimisan

H Info Penanya: H, Pria, 28 Tahun
Halo dokter saya mau tanya anak saya telinganya keluar darah seperti mimisan kenapa yang tapi anak tidak nangis,usia 5 bulan dan sedang batuk pilek
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi H,

Pada saat anak Anda mengalami batuk pilek tidak jarang dapat menimbulkan komplikasi seperti infeksi telinga. Hal ini disebabkan karena bentuk anatomi saluran pernapasan yang berhubungan dengan saluran telinga sehingga ketika terjadi infeksi batuk dan pilek dapat juga menimbulkan infeksi telinga. Infeksi telinga dapat membuat beberapa gejala seperti keluarnya cairan dari telinga dan juga dapat disertai adanya perdarahan meskipun jarang. Beberapa penyebab lain selain infeksi saluran telinga yang membuat timbulnya telinga berdarah adalah:

  • Adanya infeksi pada kulit telinga seperti jerawat atau bisul
  • Adanya benda asing yang masuk ditelinga anak termasuk serangga yang bisa masuk
  • Cedera atau trauma
  • Adanya luka pada saluran telinga

Untuk itu apabila anak batuk pilek lebih dari 3 hari, demam, keluar cairan dari telinga disertai darah, anak menjadi lebih rewel, anak menjadi sering menggaruk telinga maka dapat dicurigai adanya infeksi dan perlu dipastikan dengan memeriksakan anak pada dokter spesialis anak untuk memastikan penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Tetap berikan anak Anda ASI lebih sering dan kompres jika timbul demam. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.