Anak usia 4 tahun terdapat benjolan di lehernya yang kadang terlihat dan kadang tidak, apakah kemungkinannya?

UP Info Penanya: UP, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya , anak saya usia 4 tahun terdapat benjolan d lehernya.benjolan tersebut sdh lama dipertanyakan oleh neneknya, namun kadang terlihat kadang tdk. Apakah kemungkinan dr benjolan trsb?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, UP

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan yang bengkak adalah kelenjar getah bening, biasanya terletak di kedua sisi leher, di bawah rahang, dagu, ketiak dan pangkal paha. Sebetulnya ada juga di tempat lain, tapi tidak bisa terlihat atau diraba karena letaknya terlalu dalam. Fungsi kelenjar ini adalah melawan penyakit dan menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh. Bisa karena infeksi virus, bakteri atau jamur. Mengingat letaknya di leher, apakah anak ibu ada infeksi gigi, infeksi telinga, radang gusi, radang tenggorokan, atau penyakit kronis seperti TBC.

Cara menanganinya ialah dengan menangani infeksinya. Sebelum menangani infeksi, Anda perlu mencari tahu asal infeksinya. Saran saya konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak langganan Anda, bisa dilakukan pemeriksaan laboratorium, rontgen atau konsultasi dengan Dokter Spesialis bidang lainnya. Berikut artikel mengenai penyebab bengkaknya kelenjar getah bening pada anak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker

Limfadenopati, Bengkak pada Limfa yang Mungkin Gejala Penyakit Serius

Limfadenopati adalah bengkak pada kelenjar getah bening yang bisa jadi pertanda kanker. Gejala limfadenopati bisa berbeda-beda, tergantung dari letak pembengkakan berada.