Anak usia 4 tahun sering mimisan, apakah bahaya dok?

YH Info Penanya: YH, Pria, 2019 Tahun
Assalamualaiikum dok sy mau tanya kenapa ya anak sy bru usia 4 th udh sering mimisan apa kah bahaya dok.?Ap lgi blakangan ini seminggu udh dua kli mimisan_terimakasih dok untk jwaban'y
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mimisan termasuk keluhan yang umum dialami, selain orang dewasa juga bisa dialami anak-anak. Mimisan disebabkan perdarahan di pembuluh darah dinding hidung. Karena dindingnya tipis dan pembuluh darahnya dekat permukaan, maka rentan mengalami perdarahan. Misalnya pada demam, udara di hidung menjadi kering termasuk permukaan dinding hidung sehingga mudah berdarah. Mimisan itu sendiri jarang yang berbahaya, mungkin hanya sekitar 1/10 kejadian mimisan. 

Sebagai pertolongan pertama, anak anda pada posisi duduk dan condong ke depan agar darahnya tidak tertelan dan masuk tenggorokan atau kerongkongan. Lakukan selama 15 menit, pada kebanyakan kasus masalah sudah teratasi namun bila masih berdarah maka sebaiknya dibawa ke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis THT agar mendapatkan terapi yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel tentang Cara Mengatasi Mimisan pada Anak untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penularan virus gondongan adalah berbagi alat makan

Berbagi Penggunaan Alat Makan Menjadi Penyebab Penularan Virus Gondongan

Gondongan pada anak disebabkan oleh virus gondong atau Rubalavirus. Virus tersebut yang menyebabkan kelenjar membengkak dan pipi anak terlihat membesar. Penularan virus gondongan terjadi sama seperti pilek dan flu, yaitu melalui air liur. Anak Anda juga dapat terkena gondongan apabila berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi. Jika sudah terinfeksi, anak Anda disarankan tidak pergi ke luar rumah untuk menghindari terjadinya penyebaran infeksi kepada orang lain.