Anak usia 4 tahun sering mimisan, apakah bahaya dok?

YH Info Penanya: YH, Pria, 2019 Tahun
Assalamualaiikum dok sy mau tanya kenapa ya anak sy bru usia 4 th udh sering mimisan apa kah bahaya dok.?Ap lgi blakangan ini seminggu udh dua kli mimisan_terimakasih dok untk jwaban'y
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YH

Terima kasih atas pertanyaannya.

Mimisan termasuk keluhan yang umum dialami, selain orang dewasa juga bisa dialami anak-anak. Mimisan disebabkan perdarahan di pembuluh darah dinding hidung. Karena dindingnya tipis dan pembuluh darahnya dekat permukaan, maka rentan mengalami perdarahan. Misalnya pada demam, udara di hidung menjadi kering termasuk permukaan dinding hidung sehingga mudah berdarah. Mimisan itu sendiri jarang yang berbahaya, mungkin hanya sekitar 1/10 kejadian mimisan. 

Sebagai pertolongan pertama, anak anda pada posisi duduk dan condong ke depan agar darahnya tidak tertelan dan masuk tenggorokan atau kerongkongan. Lakukan selama 15 menit, pada kebanyakan kasus masalah sudah teratasi namun bila masih berdarah maka sebaiknya dibawa ke RS untuk pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter Spesialis THT agar mendapatkan terapi yang sesuai. Anda juga dapat membaca artikel tentang Cara Mengatasi Mimisan pada Anak untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.