Anak usia 4 tahun diare dan telapak tangan dan kaki panas

S Info Penanya: S
Anak saya usia 4tahun tidak tiba2 diare dan telapak tangan dan kaki panas, apakah itu tidak apa2 dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore S,

Diare pada anak ditandai dengan perubahan konsistensi tinja menjadi lebih encer atau cair dan disertai pertambahan frekuensi buang air besar lebih dari 3 kali dalam 24 jam. Selain itu juga bisa disertai gejala lain seperti anak menjadi lebih rewel, sakit perut, mulas, mual dan muntah, demam, sampai menimbulkan tanda dehidrasi. Untuk itu ketika anak diare sangat penting memberikan lebih banyak cairan untuk mencegah dehidrasi.

Dehidrasi sendiri ditandai dengan mata menjadi cekung, anak merasa kehausan sampai tidak mau minum, kulit tampak seperti tidak kencang, tangan dan kaki dingin, bibir kering dimana hal ini memerlukan penanganan segera. Jika terasa telapak tangan dan kaki panas perlu dilakukan pengukuran suhu tubuh, jika suhu tubuh anak lebih dari 37,5 derajat celcius maka anak mengalami demam dimana perlu diberikan obat penurun panas, kompres air biasa atau air hangat di lipatan-lipatan tubuh dan diberikan cairan lebih banyak.

Perhatikan juga jika diare disertai lendir atau darah, anak muntah hebat, diare menjadi lebih sering dan berlangsung lebih dari 24 jam maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter spesialis anak untuk mendapatkan penanganan. Berikan anak suplemen zinc ataupun cairan elektrolit untuk mengurangi diare yang timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat cacing sangat efektif untuk mengobati cacingan, asal sesuai dengan jenis cacing yang memicu infeksi

Minum Obat Cacing untuk Obati dan Cegah Cacingan

Penyakit cacingan masih cukup banyak pengidapnya di Indonesia. Kondisi ini sebaiknya segera ditangani karena bisa menyebabkan kurang gizi dan komplikasi lainnya. Mengonsumsi obat cacing adalah langkah yang sangat efektif untuk mengatasi cacingan. Bisa dilakukan untuk membasmi cacing dalam usus maupun sebagai langkah pencegahan cacingan.