Anak usia 4 bulan panas 2 hari setelah di imunisasi

AN* Info Penanya: AN*, Pria
Anak umur 4 bulan di imunisasi trz panas udah 2 hari truz udah d. Periksakin dokter anak. Apakah seperti tu wajar
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NA,

Pasca imunisasi dapat terjadi beberapa reaksi pada anak yang disebut dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang dapat dipengaruhi oleh beragam hal dan dapat terjadi selalu terjadi pada setiap anak. Beberapa gejala seperti diantaranya adalah:

  • Timbul ruam kemerahan di lokasi penyuntikan imunisasi
  • Timbul bengkak di area sekitar imunisasi
  • Timbul demam
  • Anak tampak lebih rewel
  • Mual dan muntah
  • Anak tampak lebih lesu
  • Penurunan selera makan

Jika kondisi lebih berat seperti demam tinggi, timbul reaksi alergi yang lebih berat, sesak napas, gatal-gatal, bengkak pada mata dan bibir, anak mengalami kejang maka perlu segera mendapatkan penanganan tetapi kasus ini termasuk langka dan jarang terjadi.

Jika demam pada anak masih timbul dan sudah dilakukan pemeriksaan tidak perlu panik, tetap berikan obat sesuai anjuran dokter, berikan anak lebih banyak minum, kompres anak di bagian lipatan tubuh seperti ketiak, leher dan dahi, pantau suhu anak dengan mengukur menggunakan termometer secara berkala, dan kembali periksakan pada dokter anak jika dalam panas menetap sampai hari ketiga karena demam bisa ditimbulkan oleh penyebab lain selain dari kejadian ikutan pasca imunisasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak berusia 6 bulan-5 tahun berisiko mengalami kejang demam

Seberapa Bahaya Kejang Demam pada Anak?

Saat mengalami kejang demam, anak akan menjadi kaku, mengejang, dan matanya terbelalak. Anak juga akan mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini dapat terjadi pada anak berusia 6 bulan-5 tahun, meski paling sering pada anak berusia 12-18 bulan. Akan tetapi, hanya sebagian kecil anak-anak yang mengalami kejang demam.