Anak usia 3 tahun suka geleng-geleng kepala saat melihat layar tv atau handphone

NN Info Penanya: NN, Wanita, 30 Tahun
Hallo dokter mau tanya, anak aku suka geleng-gelengin kepala saat melihat screen. Entah tv atau handphone, usia nya 3 tahun. Dan ketika dia sedang fokus melakukan kegiatan, geleng-gelengnya berhenti. Ada yang tau kenapa? Kalo konsul ke dokter, dokter apa terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, NN.

Saat menggeleng-gelengkan kepala, ibu lakukan rekaman video kemudian ibu bisa menunjukkan ke Dokter Spesialis Anak langganan ibu. Bila diperlukan akan dikonsulkan kepada Dokter Anak dengan keahlian Neurologi. Karena stimulasi dari layar seperti cahaya atau sinar yang mengakibatkan suatu respon pada anak ibu.

Dalam bahasa medis disebut tics atau twitching, tapi gerakannya seringkali tiba-tiba dan involunter (bukan keinginan anak ibu). Ada yang berupa ekspresi wajah, berkedip-kedip, gerakan mulut, menelan dan lainnya. Lebih sering dialami pada anak usia pra sekolah pada saat gugup dan bisa juga suatu gejala epilepsi.

Untuk informasi tambahan saya lampirkan artikel mengenai Kejang Belum Tentu Gejala Epilepsi, Kenali Jenis-jenis Kejang Ini.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Epilepsi yang terjadi pada lansia umumnya hanya berdampak pada sedikit bagian otak

Apa Itu Epilepsi pada Lansia? Ini Penyebab dan Cara Mengenalinya

Epilepsi adalah suatu gangguan otak yang bisa menyebabkan terjadinya kejang. Gejala epilepsi pada lansia biasanya adalah terlihat bingung, tidak peka pada situasi sekitar. Penyebab dari epilepsi pada lansia adalah stroke, serangan jantung, dan cedera pada kepala.