Anak usia 3 tahun siku lengan kanan bengkak dan nyeri. Bagaimana cara menanganinya?

RO Info Penanya: RO, Wanita, 25 Tahun
Selamat Malam dok, anak saya laki2 usia 3 tahun, sore tadi mendadak kesakitan di bagian siku tangan kanan nya, waktu saya pegang dia merasa kesakitan dan dibagian tersebut, waktu saya pegang terasa agak keras dan agak bengkak, pikir saya mungkin itu kesleo dan bisa hilang kalau sudah di pijat dengan minyak dan saya kompres air hangat biar tidak bengkaktapi ini tadi dia nangis sambil kesakitan di bagian siku tangannya. kira2 kenapa ya dok? dan solusi untuk mengobatinya bagaimana?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, RO

Siku yang saat ini bengkak dan nyeri sebaiknya anda kompres menggunakan es yang dibungkus kain. Kemudian sedikit diangkat posisinya dari dada anak anda. Lebih baik dengan berbaring, dan ditaruh di bantal dibawah sikunya. Kemudian jangan banyak bergerak. Anda juga bisa mengurangi nyerinya dengan memberi obat sakit/demam sirup yang ada di rumah anda.

Setelah itu anda perlu membawanya ke Dokter untuk penanganan lebih lanjut. Lebih baik dengan Spesialis Orthopedi untuk pemeriksaan rontgen atau MRI bila diperlukan. Untuk melihat apakah ada patah tulang, dislokasi atau robekan otot/sendi. Mengingat siku lengan kanan yang sangat penting untuk ke depannya, sebaiknya ditangani dengan baik secara medis. Jangan diurut, digerakkan atau diberi balsem lagi.

Patah Tulang: Jenis, Gejala, dan Pengobatannya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tulang retak dan patah kaki sering disebabkan karena terjatuh, atau aktivitas yang berulang

Waspada Tulang Retak, Olahraga Tertentu Bisa Menjadi Penyebabnya!

Penyebab utama tulang retak dan patah kaki adalah karena terjatuh atau aktivitas berat yang dilakukan secara berulang. Kondisi ini paling rentan terjadi pada orang yang aktif berolahraga.