Penyebab sel darah putih naik

SM Info Penanya: SM, Pria, 24 Tahun
Apa penyebab dara putih naik dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, SMPY

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sel darah putih atau leukosit merupakan salah satu jenis sel darah yang dihasilkan oleh sumsum tulang dan berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Sel darah ini mengahasilkan antibodi untuk melawan virus, bakteri, dan parasite, serta sebagai kekebalan tubuh manusia. Leukosit terdiri dari neutrofil, limfosit, monosit, eosinophil, dan basofil.  

Pada orang dewasa, kadar normal leukosit yaitu 3.500-10.500 per microliter. Jika lebih dari nilai normal tersebut, maka kemungkinan terjadi sesuatu di dalam tubuh manusia. Ada beberapa penyebab yang membuat leukosit meningkat, yaitu infeksi, efek samping dari konsumsi obat tertentu, gangguan kekebalan tubuh, dan penyakit pada sumsum tulang. Leukosit tinggi juga ditemukan pada penyakit leukemia atau kanker darah. Infeksi yang sering terjadi berupa infeksi pernapasan, infeksi saluran kemih, dan infeksi saluran pencernaan.

Gejala yang timbul jika leukosit tinggi yaitu berupa demam, lemah, lelah, pusing, berkeringat, ingin pingsan, dan tidak nafsu makan. Untuk menurunkan jumlah leukoist, bisa dengan pemberian antibiotik yang tepat sesuai dengan penyakitnya. Sebaiknya, jangan membeli antibiotik tanpa resep dari dokter. Jadi disarankan untuk memeriksakan diri dulu ke dokter agar mendapatkan antibiotik.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Perut terasa panas umumnya disebabkan karena adanya gangguan kesehatan di saluran pencernaan

9 Penyakit Ini Ditandai dengan Gejala Perut Terasa Panas

Perut terasa panas bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang terjadi di saluran pencernaan yang disebabkan karena pola makan yang salah, virus atau bakteri, atau terdapatnya penyakit tertentu.