Anak Usia 18 Bulan Belum Bisa Berjalan

AI Info Penanya: AI, Wanita, 42 Tahun
Selamat siang Dokter, saat ini anak saya berusia 18 bulan tapi belum bisa berdiri dan berjalan sendiri hanya bisa merambat di dinding atau berpegangan pada perabot rumah. Apakah kondisi ini masih normal? Jika tidak apa yang harus saya lakukan? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore Ibu AIR,

Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak adalah unik dan berbeda, tidak selalu sama antara setiap anak. Sebagai patokan maka pada usia 18 bulan secara umum anak telah mengalami pertumbuhan dan perkembangan sebagai berikut :

  1. Pertumbuhan : anak berusia 18 bulan, Berat Badan rata-rata anak berkisar antara 10 kg sampai 11 kg untuk anak perempuan dan 11,5 kg sampai 12 kg untuk anak laki-laki. Sedangkan Tinggi Badan untuk anak perempuan adalah 80 cm dan anak laki-laki 82cm.
  2. Perkembangan : anak usia 18 bulan pada umumnya sudah dapat melakukan hal-hal sebagai berikut yaitu, berjalan mundur, berlari cepat, menaiki tangga, menendang bola, dapat menyusun 4 buah balok sebagai menara, mengucapkan maksimal 6 kata secara benar, dan dapat bermain dengan boneka seperti berpura-pura memberi makan dan minum pada boneka dan menyikat gigi dengan bantuan orang dewasa. Bantu anak dengan cara mengajak anak berlatih berjalan sambil dipegang tangannya, latih bermain ayunan untuk mengontrol keseimbangan anak. Ajak anak berjalan tanpa alas kaki di bak pasir dan selalu dukung anak dalam pencapaiannya.

Sedangkan untuk pertumbuhan gigi susu pada anak berusia 18 bulan memang belum lengkap karena gigi susu akan tumbuh semua pada saat anak berusia 33 bulan.

Untuk perkembangan bicara, anak umur 18 bulan dapat mengerti 10 sampai 15 kata, dapat menggabungkan 2 kata sebagai 1 kalimat. Mengenal orng dengan namanya dan mengetahui nama anggota tubuh. Bantu anak dengan selalu mengajak anak bericara, berbyabnyi dan bermain dengannya.

Secara umum memang informasi ini dapat dipakai sebagai patokan untuk mengukur pertumbuhan dan perkembangan anak. Namun sebaiknya tidak dilupakan bahwa setiap anak adalah individu yang istimewa jadi bisa saja ada perbedaan dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya.

Bila Ibu khawatir dengan pertumbuhan si kecil, maka saran kami supaya Ibu mengunjungi Klinik Tumbuh Kembang Anak yang umumnya sekarang ada di Rumah Sakit - Rumah Sakit besar, Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak atau Klinik dan tempat praktek Dokter Spesialis Anak yang khusus menangani masalah tumbuh kembang anak.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Terapi wicara bisa membantu kondisi gagap pada anak

Pentingnya Melakukan Terapi Wicara pada Anak yang Gagap

Terapi wicara dapat membantu anak yang telah mengalami gagap. Terapi wicara bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri anak terhadap kemampuannya dalam berbicara.