Anak usia 1 tahun 3 bulan keluar cairan kehijauan dari hidung. Apakah penyebabnya?

PC Info Penanya: PC, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya anak saya umurnya satu tahun tiga bulan tiba 2 keluar agak kehijauan percis seperti ingus tapi tidak berbau sama sekali dok itu penyebab y apah yh dok terus bagai mana penanganan y itu bahaya tidak dok terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PCT

Terima kasih atas pertanyaannya.

Hidung kita memiliki serabut/bulu hidung yang tugasnya menyaring benda yang berusaha masuk melalui hidung seperti debu, bulu binatang, dan lainnya. Setelah itu diproduksi lendir hidung (ingus) yang bertugas untuk mengeluarkan dan membersihkan rongga hidung dari partikel asing yang masuk. Bila penyebab iritasi masih ada maka akan diproduksi terus lendirnya. Pada anak yang lebih sensitif misalnya orangtua atau keluarga ada riwayat alergi, kondisi fisik sedang kurang fit maka hidung menjadi tersumbat, karena banyaknya lendir yang dihasilkan.

Berikutnya kuman bisa menumpuk di hidung yang tersumbat dan mengakibatkan infeksi. Bila sudah mulai infeksi maka berubahlah warnanya menjadi kuning, hijau atau putih pekat. Lendirnya tak lagi encer. Darimana datangnya kuman, dari udara ruangan yang mengandung kuman atau bisa tertular dari orang lain yang sedang mengalami infeksi saluran pernafasan atas.

Infeksi tentu saja bisa berlarut-larut dan menjadi berbahaya bila tidak ditangani dengan baik. Saran saya evaluasi langsung dengan Dokter Spesialis Anak langganan ibu, agar anak ibu bisa ditangani dengan cepat dan tepat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hidung tersumbat tetapi tidak pilek mungkin ada kondisi kesehatan yang lebih serius

Hidung Tersumbat, tapi Tidak Pilek? Mungkin Anda Kena 7 Penyakit Ini

Hidung tersumbat sering dikaitkan dengan pilek atau fiu. Namun, ada beberapa penyakit yang juga ditandai dengan hidung mampet. 7 penyakit ini sebabkan hidung tersumbat tapi tidak pilek.