Anak umur 4,5 tahun berat badannya tidak naik dan tambah kurus. Kenapa ya?

DB Info Penanya: DB, Wanita, 2019 Tahun
Anak saya umur 4 Thun setengah ko berat badan nya ga naik naik badan nya tambah kurus knapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DB

Terima kasih atas pertanyaannya.

Pada anak usia pra-sekolah tentu aktivitasnya lebih banyak. Seperti bermain dengan tetangga atau temannya. Bagaimana pola makannya apakah masih teratur dan porsinya cukup banyak. Bila berat badannya tidak naik, apakah tinggi badannya tidak naik juga? Kalau anak anda semakin tinggi dengan berat yang tidak naik, tentu saja akan tampak kurus.

Beberapa kondisi klinis yang dapat menghambat pertumbuhan, seperti infeksi kronis yaitu TBC, gangguan metabolisme akibat ada masalah di kelenjar tiroid atau gangguan jantung. Kasus seperti ini jarang terjadi. Tapi bila ibu ingin memastikan dapat konsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Anak langganan anda.

Untuk sementara coba beri makanan tinggi kalori seperti nasi atau kentang dalam porsi lebih dari biasanya. Karena kunci menambah berat badan adalah kalori masuk lebih banyak dari kalori yang keluar akibat aktivitasnya. Jadi anda tidak perlu terlalu cemas yang penting perkembangannya normal serta anak anda aktif dan cerdas.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Epilepsi pada anak bisa berpengaruh terhadap perkembangan perilakunya

Epilepsi pada Anak bisa Berpengaruh pada Perkembangannya

Epilepsi pada anak bisa memberikan dampak yang berbeda, pada masing-masing penderitanya. Meski pada beberapa kasus perkembangan anak tidak terganggu, tapi untuk kasus lainnya, epilepsi juga bisa memengaruhi.