Anak umur 4 tahun

R Info Penanya: R, Pria, 21 Tahun
jadi begini dok, saya tidak tau gimana awalnya anak saya bisa menggoyangkan kaki kenanan dan kekiri, dan penisny menegang dan basah, seperti cairan yg keluar sebelum sperma.dan anak saya belum bisa bicara padahal sudah umur 4 tahun.apa yg harus saya lakukan ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi R,

Dalam masa tumbuh kembang terdapat masa perkembangan psikoseksual pada anak dimana tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Usia 0-1 tahun atau fase oral dimana anak merasa fokus perasaan senang pada mulut dan bibir 
  • Usia 1-3 tahun atau fase anal dimana anak merasa fokus perasaan senang pada rektum
  • Usia 3-5 tahun atau fase falik dimana anak merasa fokus perasaan senang pada alat kelamin
  • Uisa 5-12 tahun atau fase laten dimana anak merasa fokus perasaan senang pada kegiatan aktif seperti bermain dan lainnya

Pada fase falik ini anak akan memusatkan perhatian dan menjadi lebih ingin tahu terhadap tubuhnya terutama alat kelamin dan memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi terhadap tubuh mereka ataupun menemukan perbedaan dengan jenis kelamin lain. Sehingga pada fase ini penting bagi orang tua untuk membantu perkembangan anak dengan mengajarkan fungsi alat kelaminnya ketika mandi, membentuk sikap mengenai aktifitas fisik yang benar dan yang salah, dan mengenal perbedaan mana perempuan dan mana laki-laki serta bisa mulai memberi ajaran batasan-batasan standar moral seperti misalnya jika anak memegang alat kelamin di depan orang lain, telanjang di depan orang lain dan lainnya tetapi perlu diingat bahwa ini adalah bagian perkembangan anak untuk itu tidak perlu memarahi anak jika sesekali melakukannya.

Untuk masalah keterlambatan bicara sendiri jika sudah berusia 4 tahun maka perlu dilakukan evaluasi pada dokter Anak untuk diketahui penyebabnya dan agar selanjutnya bisa diarahkan baik pada dokter psikiater anak ataupun melakukan terapi wicara agar perkembangan anak bisa menyesuaikan perkembangan sesuai usianya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak nakal bisa disebabkan karena ODD dan bisa disembuhkan dengan art therapy

Bisakah Anak Nakal Menjadi Baik dengan Art Therapy?

Sebagai orangtua, terkadang, Anda mungkin memutar otak untuk mencari cara yang bisa dilakukan agar anak nakal bisa menjadi lebih baik. Ternyata, art therapy bisa menjadi solusinya.