Anak umur 3 tahun panas naik turun sudah 2 minggu

DP Info Penanya: DP, Wanita, 2019 Tahun
Dokter, sya ingin bertanya. Anak saya berumur 3 tahun. Panasnya naik turun sdh 2 mnggu ini. Sdh periksa darah tdk ada gejala DBD. Setiap malam panasnya naik. Namun pagi hingga sore normal, walaupun hanya bagian perut sja yg panas. Tlg dbntu dok, sebenarnya anak sya sakit apa yaa? Dan mhn dbantu bagaimana cara utk pengobatannya. Terima kasih dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DP,

Demam atau panas pada anak perlu dipastikan dengan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan termometer dimana demam ditandai dengan peningkatan suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat celcius. Demam dapat disebabkan oleh banyak kemungkinan penyebab seperti adanya infeksi pada tubuh seperti di saluran pernapasan, saluran pencernaan seperti diare atau tifus, saluran kemih, infeksi yang ditularkan gigitan nyamuk seperti demam berdarah atau malaria, kekurangan cairan, anak tumbuh gigi, paparan matahari dalam waktu lama, radang sendi dan kemungkinan lainnya.

Jika hanya bagian perut yang panas, hal tersebut belum tentu disebabkan karena anak mengalami demam dimana demam sendiri ditandai dengan peningkatan keseluruhan suhu tubuh. Untuk itu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengukur suhu tubuh anak ketika dirasa panas, memberikan anak lebih banyak cairan, memberikan anak obat penurun demam jika suhu lebih dari normal, mengompres anak dengan kompres hangat atau menggunakan air biasa untuk membantu menurunkan demam, dan upayakan anak cukup beristirahat.

Jika keluhan tetap menetap, perhatikan gejala lain yang timbul seperti misalnya diare, batuk, pilek, anak menjadi rewel, mual, muntah atau gejala lain agar memberikan informasi pada dokter untuk menentukan penyebabnya dan periksakan pada dokter atau dokter spesialis anak agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bermain alat musik juga dapat membuat kemampuan otak anak lebih terasah

8 Manfaat Alat Musik bagi Anak yang Perlu Diketahui Orangtua

Selain menumbuhkan kecintaannya pada seni musik, bermain alat musik juga dapat membuat kemampuan otak anak lebih terasah. Kenali berbagai manfaat alat musik pada anak lainnya yang perlu diketahui orangtua.