Anak umur 13 tahun, gigi depan atas rencana mau dicabut, apa masih bisa tumbuh?

ZM Info Penanya: ZM, Pria, 42 Tahun
Anak saya gigi depan atas rencana mau di cabut umurnya 13 tahun dgn berat badan 47 kg dan tinggi 160 cm. Apakah masih bisa tumbuh lagi gigi depan atas apabila di cabut. Tks informasinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ZM,

Proses pertumbuhan gigi memang dibagi menjadi 2 yakni gigi susu dan gigi permanen. Gigi susu akan mulai muncul ketika masih bayi dan akan lengkap berjumlah 20 gigi ketika anak berusia sekitar 6-7 tahun. Gigi susu ini akan tanggal satu per satu dan digantikan oleh gigi permanen. Gigi permanen ini akan digunakan untuk seumur hidup dan bila tanggal baik akibat trauma jatuh, atau gigi berlubang yang mengharuskan untuk dicabut, maka gigi ini tidak bisa tumbuh lagi. Pada kasus anak Bapak yang sudah berusia 13 tahun, maka seharusnya gigi depan atas yang ada saat ini dan berencana akan dicabut seharusnya merupakan gigi permanen. Untuk memastikan apakah itu gigi susu atau gigi permanen adalah dengan memperhatikan dan mengingat kembali apakah sebelumnya pada tempat yang sama sudah pernah ada gigi yang tanggal? Bila pada tempat yang sama sudah pernah ada gigi yang tanggal, maka gigi yang ada saat ini adalah gigi permanen dan bila dicabut tidak akan bisa tumbuh kembali.

Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan gigi :

  1. Rutin menyikat gigi dan lidah sesudah sarapan dan sebelum tidur.
  2. Hindari makanan lengket dan manis berlebihan.
  3. Perbanyak konsumsi air putih.
  4. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Sebaiknya Bapak melakukan konsultasi dengan dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembersihan karang gigi perlu dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali

Bagaimana Sih Proses Pembersihan Karang Gigi? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pembersihan karang gigi seharusnya rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan melakukan scaling gigi.