anak umur 10 bulan setelah tes hematologi dianjurkan minum obat

RK Info Penanya: RK, Pria, 2019 Tahun
Dok anak saya yg berumur 10 bulan setelah tes hematologi dianjurkan minum obat sanmol sirup,zinc sulfate sirup dan diaresq itu tanda gejala penyakit apa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi RK 

Pasca pemeriksaan darah / hematologi pada anak yang sakit biasanya dokter memberikan terapi. Pada anak anda obat yang diberikan adalah antipiretik untuk demam, zinc sebagai obat diare pada anak serta tambahan suplemen nutrisi untuk mempercepat penyembuhan. 

Jika dilihat dari terapi yang diberikan, anak anda mengalami gangguan pencernaan diare. Pemberian obat demam menjadi tanda diare telah membuat tubuh dehidrasi sehingga anak akan menjadi demam, selain itu demam bersamaan dengan diare juga menjadi tanda infeksi virus atau bakter. Dalam terapi yang diberikan tidak ada antibiotik, sehingga diare yang terjadi mungkin karena virus atau intoleransi makanan. 

Untuk konsumsi zinc yang diberikan sebaiknya dilanjutkan hingga 10 hari bahkan setelah diare sudah berhenti agar tidak terjadi diare yang kambuh serta membantu memperbaiki lapisan di saluran cerna yang terganggu selama diare. 

Saya sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak jika keluhan penyakit pada anak anda tidak berkurang

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kenali berbagai penyebab diare pada bayi yang harus Anda waspadai, seperti alergi makanan dan obat-obatan tertentu

Penyebab Diare pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Diare adalah salah satu penyakit yang sering menyerang bayi. Diare pada bayi bisa disebabkan oleh alergi makanan, alergi obat, infeksi bakteri, hingga keracunan. Jika dibiarkan diare pada bayi bisa berakibat dehidrasi pada bayi.