Anak umur 1 bulan sering BAB

AT Info Penanya: AT, Wanita, 22 Tahun
Assalamualaikum do, nama saya anis.Saya punya anak baru umur 1 bulan udah dua minggu ini dia sering sekali BAB, sehari itu bisa 5-6 kali, terus warna feses nya kuning kehijauan, tapi tadi malam ada kaya bercak coklat gitu. Itu kenapa ya dok? Wajar ga ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AT,

Perubahan frekuensi pada buang air besar bayi perlu diwaspadai terutama jika disertai perubahan konsistensi dari feses bayi. Jika feses menjadi lebih lunak atau encer dan frekuensi lebih dari 3 kali sehari maka bisa disebut dengan diare pada bayi. Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari asupan ASI bayi, penggunaan susu formula, asupan makanan ibu yang menyusui ataupun faktor lain yang bisa menimbulkan gangguang pada saluran pencernaan bayi seperti infeksi misalnya baik karena virus, bakteri atau parasit. 

Warna feses bayi yang kuning kehijauan atau kecokelatan sendiri normal pada bayi yang menyusu ASI tetapi jika menjadi kehitaman, merah, atau disertai bercak darah maka perlu segera diperiksakan pada Dokter spesialis anak. Upayakan menjaga kebersihan diri dan lingkungan anak, bersihkan payudara sebelum dan sesudah menyusui, jika menggunakan susu formula maka perlu menjaga sterilitas botol susu bayi dan rutin memeriksakan anak setiap bulannya untuk memantau kesehatan dan juga tumbuh kembang anak. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pompa ASI adalah solusi alternatif bagi ibu yang ingin menyusui tanpa kendala

Bagaimana Cara Memerah ASI dengan Benar? Pahami Jenis Pompa yang Tepat

Pompa ASI adalah solusi alternatif bagi ibu yang ingin menyusui tanpa kendala. Pompa ASI memiliki 2 jenis, yaitu pompa ASI manual dan pompa ASI elektrik. Cara memerah ASI ternyata juga dapat dilakukan dengan tangan.