Anak tujuh tahun gigi susu belum tanggal

N Info Penanya: N, Pria, 34 Tahun
Assalamualaikum Dokter,Dok, gigi susu pada putera saya belum pernah copot padahal putera saya sudah berusia tujuh tahun lebih. Sekarang sudah tumbuh 2 gigi baru di belakang gigi susu, tepatnya gigi bagian depan bawah. Dok, akankah susunan gigi tidak rapi jika gigi susu tidak dicabut dan adakah dampak yang terjadi pada kesehatan anak nantinya? Tindakan apa yang harus kami lakukan?Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Wassalam.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak Ngr,

Gigi susu merupakan pemandu untuk tumbuhnya gigi permanen atau gigi tetap. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa gigi susu dipertahankan bila benih gigi tetap belum ada atau belum tumbuh.

Secara normal gigi susu akan mulai tanggal saat usia anak 6 sampai 7 tahun, dan berakhir di usia 11 sampai 12 tahun. Jika gigi susu yang bapak maksudkan adalah gigi depan atas maupun bawah, maka memang sudah waktunya untuk tanggal, yaitu usia 7 tahun.

Bila gigi susu masih ada, sedangkan gigi permanen telah tumbuh, kondisi ini disebut dengan persistensi dan akan berakibat gigi menjadi berjejal dan menumpuk sehingga ruang untuk tumbuhnya gigi permanen juga terbatas. Untuk itu sebaiknya gigi susu yang masih ada secepatnya dicabut saja. Gigi yang berjejal dan menumpuk akan mempengaruhi bentuk rahang, gigi geligi dan secara estetika.

Saran kami, segeralah mengunjungi Dokter Gigi (Drg) terdekat untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembersihan karang gigi perlu dilakukan setidaknya setiap enam bulan sekali

Bagaimana Sih Proses Pembersihan Karang Gigi? Yuk, Kenali Lebih Jauh

Pembersihan karang gigi seharusnya rutin dilakukan setiap enam bulan sekali. Cara membersihkan karang gigi yang paling efektif adalah dengan melakukan scaling gigi.