12 Feb 2019, 00:50Pernapasan

Anak tiga tahun tidur ngorok

L
Info Penanya: L, Wanita, 31 Tahun
Dear Dokter, Anak saya usia 3 tahun dan 2 bulan, beberapa hari ini setiap tidur pasti selalu mengorok dan setiap dia teriak suka ada benjolan kecil di leher sebelah kanan yang timbul. Apa penyebab mengorok dikarenakan amandel atau karena benjolan itu ya, Dokter? Terima kasih.
45902 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear, Ibu LSuara seperti mengorok pada bayi adalah akibat adanya lendir di saluran pernapasan bayi, sehingga saat bernapas apalagi saat tidur timbul bunyi mengorok. Lendir yang diproduksi adalah untuk menghilangkan benda asing dalam saluran pernapasan, namun karena bayi belum bisa mengeluarkan lendir seperti orang dewasa, dan fungsi batuk belum sempurna maka lendir sering tertinggal dan dapat keluar dengan bantuan atau lewat saluran pencernaan bila tertelan oleh bayi. Umumnya setelah berumur diatas 6 bulan kondisi ini akan hilang dengan sendirinya. Namun produksi lendir akan meningkat bila bayi memiliki bakat alergi yang menurun dari orang tuanya.Produksi lendir akan bertambah bila bayi terpapar dengan :
  • Debu rumah dari pakaian, gorden dan lingkungan
  • Boneka, kasur, bantal selimut bayi
  • Binatang peliharaan
  • Orang tua yang merokok
  • Kutu debu dan tungau
  • Makanan dan minuman pemicu reaksi alergi pada bayi
Usahakan untuk menghindari bayi dari penyebab alergi diatas, dan beri minum air putih untuk mengencerkan lendirnya.Anak kecil dengan sakit batuk pilek, dikarenakan refleks untuk membuang lendir dan ingus masih belum normal maka terjadi penumpukan lendir pada jalan napasnya. Hal ini yang sering menyebabkan anak sesak, hidung tersumbat dan secara spontan akan bernapas melalui mulutnya. Bernapas melalui mulut bila terjadi saat tidur menyebabkan anak ngorok, karena adanya halangan pada jalan napas berupa lendir dan lidah yang jatuh menutup jalan napas.Benjolan pada leher sebelah kanan mungkin saja adalah pembesaran kelenjar getah benig atau hal lainnya, sebaiknya segera bawa anak untuk mengunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) supaya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.Salam Sehat
mendengkurmasalah tidur anakalergipenyakit pernapasanbatukmengorok
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil