Anak tidak BAB setelah ganti susu

LY Info Penanya: LY, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya . .anak saya umur 2.5 bulan .Sebelumnya anak saya minum susu formula yang sapi BMT .seminggu yang lalu anak saya sempat masuk rumah sakit karena sesak napas.trus kata dokter susu nya suruh di ganti dengan susu ZOYA.Tapi sekarang malah BAB anak saya gak lancar ,kemarin 3 hari baru BAB dan sekarang 2 hari blum BAB .itu pengaruh susu apa gimana ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang Ny LY

Konstipasi pada anak dapat terjadi akibat beberapa hal salah satunya alergi susu. Alergi susu dapat terjadi pada penggunaan susu sapi maupun susu yang mengandung soya. Namun penggunaan susu soya telah dilaporkan mampu meningkatkan konsistensi feses lebih padat dibandingkan susu sapi. 

Kondisi lain yang memicu konstipasi pada anak adalah perubahan pola untuk belajar defekasi pada anak, efek perubahan dari kebiasaan  makan lunak menjadi ke makanan padat atau efek dari kurangnya konsumsi mengandung serat. Anda juga harus bisa mengajarkan cara buang air besar pada anak anda. 

Jika konstipasi anak terjadi cukup lama disertai mual muntah hijau, tidak buang angin dan perut yang semakin membesar sebaiknya anda segera berkonsul kembali ke dokter anak (Sp.A)

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita alergi susu sapi biasanya ditemukan darah pada tinjanya

Apa Perbedaan Alergi Susu Sapi dengan Inteloransi Laktosa?

Alergi susu sapi berbeda dengan intoleransi laktosa. Alergi susu sapi membuat sistem tubuh tidak merespons susu dan produk makanan yang mengandung susu. Beberapa gejala alergi susu sapi, antara lain gatal-gatal pada kulit dan kesulitan bernapas.