Anak susah makan dan gampang sakit, perlukah suplemen vitamin ?

L Info Penanya: L, Wanita
Dok ank sya 3 th susah mkan dan jg gmpg skit. Mnrt dokter perlukah suplemen vitamin. Klo y vitamin daya tahan tbuh atau nafsu makan???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Susah makan pada anak merupakan masalah yang sering dijumpai oleh orang tua. Hal ini tentunya meresahkan apalagi disertai dengan daya tahan tubuh anak yang menurun dan membuat anak menjadi lebih mudah sakit. Untuk membantu anak mengembalikan keseimbangan asupan nutrisi yang dibutuhkannya memang seringkali suplemen dan vitamin tertentu menjadi alternatif yang dapat dipertimbangkan.

Berikut beberapa kandungan vitamin dan suplemen yang diyakini dapat menambah nafsu makan dan meningkatkan daya tahan tubuh :

  • omega-3 (vitamin minyak ikan)
  • zinc
  • thiamine atau vitamin B1
  • curcuma
  • probiotik

kandungan vitamin tersebut juga banyak terkandung secara alami pada bahan makanan yang dapat disajikan dalam menu sehari-hari anak.

Terkadang cara memberikan makan kita sebagai orang tua pun perlu untuk dievaluasi dan ditingkatkan dengan cara-cara tertentu agar anak merasa proses makan merupakan kegiatan yang ternyata dapat menyenangkan sehingga tidak membuatnya anak malas.

Berikut artikel terkait saya lampirkan sebagai tambahan informasi, kebiasaan memberi makan anak yang harus ditinggalkan serta cara menanamkan pola makan sehat pada anak.

Apabila setelah mencoba beberapa tips dan kandungan vitamin diatas tidak ada perubahan pada Anak, sebaiknya Anda mengonsultasikannya ke dokter Spesialis Anak dan dokter Spesialis Gizi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mengatasi anak picky eater yang paling umum adalah makanan yang kurang lezat dan anak yang belum lapar

Cara Mengatasi Anak Picky Eater yang Ampuh

Cara mengatasi anak picky eater dapat dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor berikut, seperti makanan yang kurang lezat, anak yang belum lapar, mengajarkan anak mandiri, dan mengetahu ada atau tidaknya masalah medis.