Apakah tidak apa jika anak tidak segera diberi obat?

SN Info Penanya: SN
Dok kalo misalkan di igd dikasih resep obat jam 2 pagi . Tapi tidak ada apotek yang buka . Apakah tidak akan apa" ke pasien untuk menunggu sampai pagi ? Atau siang ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SN,

Anak step atau kejang demam adalah kejang yang timbul akibat demam tinggi, sering kali terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 6 tahun. Penanganan yang perlu diberikan adalah mengatasi kejang dengan pemberian obat anti kejang jika kejang masih terjadi, pemberian penurun panas dan juga penanganan lain sesuai dengan kondisi anak.

Jika sudah ke IGD tentunya anak akan segera dilakukan tindakan penanganan di IGD, jika kegawatdaruratan sudah teratasi maka bisa dilakukan penanganan lanjutan, baik dilakukan observasi ataupun bisa dilakukan rawat jalan. Jika dilakukan rawat jalan dan sudah diberikan resep, sering kali jika di rumah sakit sudah ada instalasi farmasinya jadi pasien bisa segera mendapatkan obatnya. 

Untuk obat sendiri apakah tidak apa jika menunggu pagi, tergantung dari kondisi dan obatnya. Jika obat yang ditebus adalah obat pulang bisa tidak apa menunggu pagi seperti misalnya jika yang perlu ditebus adalah obat penurun panas atau obat antibiotik. Jadi baiknya bisa ditanyakan lain kali untuk mendapatkan obatnya dimana, karena jika IGD sering kali ada instalasi farmasinya yang beroperasi 24 jam.

Jaga juga suhu anak agar tidak tinggi, agar tidak kembali memicu kejang. Perlu dilakukan pemantauan suhu setidaknya 4-6 jam sekali. Dan berikan obat penurun panas jika suhu tubuhnya lebih dari 37,5 derajat, berikan juga lebih banyak cairan dan kompres menggunakan kompres air biasa atau air hangat di lipatan-lipatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Demam ringan pada anak bisa diredakan dengan bahan-bahan penurun panas alami.

10 Penurun Panas Alami yang Ampuh Atasi Demam Anak

Demam dapat membuat suhu badan anak meningkat hingga menggigil. Selain obat, bahan-bahan penurun panas alami yaitu, jahe, echinacea,kelapa,lemon dan madu,dsb.