Anak sering keringatan dan telapak kaki dingin. Mohon penjelasannya?

N Info Penanya: N, Wanita
Sore dokter , saya mau tanya belakangan ini anak saya sering banget keringetan di sertai telapak kakinya dingin , mohon penjelasnnya dokter
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, N

Berapakah usia anak anda? Apakah masih bayi atau sudah usia sekolah. Penyebab paling sering keringatan adalah suatu kondisi stres yang mengakibatkan respon dari tubuh. Dimana terjadi pengeluaran zat yang mengakibatkan detak jantung meningkat, napas menjadi cepat, dada terasa sesak atau tubuh mengeluarkan keringat.

Pada usia balita atau bayi lebih sering karena ada suatu kondisi yang menyebabkan badannya tidak nyaman. Misalnya sembelit, mual atau sedang demam. Sehingga banyak mengeluarkan keringat. Pada beberapa kondisi klinis tertentu misalnya gangguan metabolisme akibat masalah di suatu organ atau pada kasus yang lebih jarang jika ada suatu kelainan pada jantungnya.

Sedangkan pada usia anak sekolah, lebih banyak akibat suatu problem psikis. Misalnya kecemasan akibat musim ujian, bullying di sekolah atau belajar suatu topik yang masih belum dipahami olehnya.

Lebih baik anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan Dokter anak langganan ibu. Agar dapat dievaluasi dan diberikan tatalaksana yang sesuai kondisinya.

Tanda Anak Jadi Korban Bullying di Sekolah

Penyakit Berbagai Penyebab Keringat Dingin, Waspadai yang Berbahaya

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti halnya orang dewasa, tetanus pada anak juga disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani

Waspadai Penyebab dan Gejala Tetanus pada Anak Berikut Ini

Tetanus adalah penyakit yang disebabkan bakteri Clostridium tetani. Penyakit ini dapat dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Beberapa gejala tetanus pada anak, antara lain rahang menjadi kaku, kejang, dan banyak keringat.