Kenapa anak sering demam?

VA Info Penanya: VA
hallo dok,mau tanya, anak saya laki" dan umurnya sudah 2 tahun.Dua minggu yg lalu demam dan sudah berobat, seminggu setelahnya dia muntah" dan sempat demam juga hanya minum paracetamol sudah sembuh, minggu ini pun dia demam lagi dan kami berobatkan lagi. (weekdays terlihat sehat" aja)solusinya apa ya dok? apakah anak saya harus MCU ?*fyi anak saya 2 bulan lalu baru imunisasi untuk yg 18 bulan, apakah pengaruh dari imunisasi dok? karna suami selalu merasa setelah imunisasi malah sering drop
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore VA,

Demam merupakan tanda adanya gangguan di dalam tubuh, yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit atau faktor lain seperti paska imunisasi. Paska imunisasi seringkali menimbulkan demam karena pada beberapa imunisasi memang dimasukkan bakteri yang dilemahkan untuk merangsang antibodi tubuh sehingga akan muncul demam sebagai mekanisme pertahanan tubuh, namun hal ini akan berlangsung beberapa hari saja.

Seharusnya tidak ada kejadian setelah diimunisasi badan semakin lemah dan mudah sakit, karena antibodi akan semakin lengkap. Namun bila kondisi tubuh tidak dijaga, makan tidak teratur, kurang tidur, tidak olahraga, sering stres, maka otomatis daya tahan tubuh akan menurun dan mudah sakit, mungkin hal tersebut yang terjadi pada diri suami Anda.

Untuk kesehatan anak Anda sebaiknya yang Anda lakukan adalah :

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Usahakan tidur secara teratur dan jangan begadang.
  3. Ajak anak untuk aktivitas fisik diluar rumah, misal bermain bola atau bermain kejar-kejaran saat sore agar tubuh lebih bugar.
  4. Gunakan masker bila anggota keluarga ada yang sakit.
  5. Sering mencuci tangan terutama sebelum makan.

Bila masih sering demam, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut berupa tes darah.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wortel, kale, dan bayam menjadi segelintir sayuran penurun kolesterol yang bisa Anda coba.

Obati Kolesterol dengan 10 Sayuran Penurun Kolesterol Ini

Sayuran penurun kolesterol ini bisa menjadi obat alami bagi Anda yang mengidap kolesterol tinggi. Supaya terhindar dari kolesterol tinggi, mari biasakan diri untuk mengonsumsi sayuran penurun kolesterol ini!