Anak sedang tumbuh gigi dan ada sariawan dibibir, bersamaan dengan ada jerawat di puting. Apakah ada hubungannya?

EY Info Penanya: EY, Wanita, 2019 Tahun
Malam dok saya mau bertanyaAnak saya sedang tumbuh gigi dan ada sariawan dibibir nya. Bersamaan dengan itu dok di puting payudara saya ada seperti jerawat terasa sakit dok apa itu ada hubungan nya dengan sakit sikecil dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, EY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kemungkinan besar tidak ada hubungannya karena masing-masing penyebabnya dari diri anda dan bayi anda. Sariawan di bibir kemungkinan akibat ada luka di bibir atau kondisi fisiknya sedang tidak fit. Untuk menanganinya susu ASI harus terus diberikan karena bermanfaat untuk daya tahan tubuhnya. Untuk sariawan biasanya akan hilang dengan sendirinya, atau anda bisa mengoleskan salep yang dijual bebas di pasaran. Ada produk yang tidak sampai membuat perih bayi anda.

Kemudian untuk jerawat anda karena ada penyumbatan kelenjar minyak sehingga minyak, kotoran dan sel mati menumpuk di dalamnya. Anda bisa membantu dengan mengkompres dengan air hangat. Bila anda khawatir bisa menggunakan payudara satunya untuk menyusui sedangkan payudara yang ada masalah cukup dipompa saja sampai dengan jerawatnya sembuh. 

Namun bila ada keraguan anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tongue-tie dapat menjadi penyebab bayi tidak mau menyusu

Apakah Tongue-Tie Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusui?

Tongue-tie adalah kondisi saat membran tipis di bawah lidah bayi membatasi pergerakan lidah. Ketika seorang bayi mengalami tongue-tie, biasanya bayi tidak mau menyusu, makan, hingga menelan. Untuk mengatasi tongue-tie dengan operasi, sebaiknya lakukan observasi terlebih dahulu.