Anak saya tidur mendengkur dan sulit bernafas. Kira-kira apa penyebabnya dan solusinya dok?

AW Info Penanya: AW, Wanita, 2019 Tahun
Saya mau tanya dok? anak saya ketika tidur mendengkur dan sulit bernafas. Penyebabnya apa dan solusinya dok trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AW

Terima kasih atas pertanyaannya.

Anak tidur mendengkur dan sampai sulit bernafas akan mengakibatkan gangguan jangka panjang terhadap anak. Karena kurang pulas, anak merasa kelelahan dan sulit berkonsentrasi di sekolah. Sehingga bisa mempengaruhi nilai di sekolah. Mendengkur paling sering akibat kelebihan berat badan dan akan bertambah berat seiring bertambahnya usia. Pada saat mendengkur organ dari mulut sampai dengan saluran udara akan bergetar, terjadi pada saat tidur dan tubuh dalam keadaan rileks. 

Mendengkur sering terjadi pada saat tidur karena lidah menghalangi saluran nafas. Bila sampai sulit bernafas, lama kelamaan nafas seperti berhenti. Kondisi ini disebut sleep apnea. Saluran pernafasan anak ibu sebaiknya dievaluasi dari hidung apakah ada polip atau deviasi septum kemudian di tenggorokan apakah ada amandel atau adenoid. Karena bentuk anatomis organ tersebut juga bisa menghalangi saluran nafas. Konsultasi bisa dilakukan dengan Dokter Spesialis THT untuk melihat apakah ada gangguan yang sebut di atas. 

Selain itu anda bisa membaca artikel Tips Mengatasi Masalah Tidur Anak.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan lalai menjaga kesehatan anak, agar pertumbuhan dan perkembangannya bisa berlangsung maksimal

10 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Anak Ini Patut Dicoba

Menjaga kesehatan anak tentu adalah kewajiban setiap orangtua. Selain menjamin asupan makanan yang bergizi, mengajarkan kebiasaan baik lain seperti mencuci tangan dan olahraga, juga menjadi bagian di dalamnya.