Anak saya masih balita ada sariawan kecil-kecil di dalam mulutnya?

A Info Penanya: A, Wanita, 31 Tahun
halo dok sy mau tanya, anak sy usia 3th 10bln ada masalah di dlm mulutnya. ada banyak sariawan kecil2 tp tdk disertai demam. kira2 ada alergi dg makanan ato apa ya dok.mohon penjelasannya ya dok.trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Sariawan biasanya reaksi lokal dari kulit, bisa karena sesuatu yang masuk terlalu dingin atau panas. Bisa juga suatu reaksi iritasi akibat alergi dengan sesuatu. Faktor lain yang mempengaruhi timbulnya sariawan adalah faktor daya tahan tubuh dan nutrisi. Apakah anak anda makannya sedang terganggu? Selain demam adakah gejala batuk pilek atau gangguan buang air besar.

Makanan atau minuman yang sering membuat iritasi atau alergi untuk sementara dikurangi seperti kacang, coklat, produk susu sapi, atau bahan penyedap. Cemilan yang dia makan sementara jangan terlalu manis dan berbumbu. Perbanyak makanan yang bergizi serta mengandung vitamin C dan B Komplek Anda juga bisa meredakan sariawan dengan menggunakan salep untuk sariawan yang dijual bebas. Tanyakan merk mana yang tidak mengakibatkan nyeri. Bila keluhan tidak berkurang, sebaiknya konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak untuk terapi lebih lanjut.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sariawan pada anak dapat disebabkan oleh bibir yang tergigit saat mengunyah

Sariawan pada Anak: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sariawan pada anak merupakan masalah rongga mulut yang sering ditemui. Sariawan dapat berdampak buruk pada kualitas hidup anak, mulai dari mengganggu aktivitas makan, minum, hingga bicara. Sariawan pada anak dapat disebabkan oleh trauma pada mulut, kekurangan vitamin, atau ada infeksi virus. Namun, sariawan yang berjumlah banyak dapat menandakan infeksi virus herpes simples dan penyakit tangan kaki mulut. Salah satu cara mengatasi sariawan pada Anak adalah meminum air putih yang cukup.