23 Feb 2021, 21:47Penyakit Lainnya

Apa penyebab bayi kejang saat tidur?

BS
Info Penanya: BS0
Dokter anak saya sering kejang saat dia tertidur pulas, itu kenapa y dok Tolong bantu saya dok :(
312 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, BTerima kasih atas pertanyaan AndaKejang terjadi ketika adanya gangguan pada aktivitas listrik di otak yang biasa di tandai oleh gerakan tubuh yang tidak terkendali (kelonjotan), dengan ataupun tanpa disertai dengan kehilangan kesadaran. Kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba maupun saat sedang beraktivitas. Bayi kejang saat tertidur bisa terjadi dikarenakan adanya perubahan efektivitas listrik di otak saat dalam tahapan tidur. Keadaan kejang pada saa tidur bisa terjadi ketika tahap tidur dangkal, karena sedang menuju tahapan antara tidur dan bangun. Kejang ini bisa berupa kejang fokal (hanya pada bagian tubuh tertentu) taaupun kejang umum (seluruh tubuh).

Selain itu, terdapat beberapa kondisi yang bisa menyebabkan bayi kejang saat tidur seperti:

  • Kejang demam, yaitu kejang yang terjadi saat tubuh bayoi mengalami demam tinggi. 
  • Mioklonus, yaitu suatu gerakan yang menyerupai kejang saat sedang tertidur. Keadaan ini terjadi pada bayi baru lahir hingga usia 2 bulan pertama. Pada mioklonus ini, saat dilakukan pemeriksaan EEG, tidak menunjukan adanya perubahan aktivitas listrik di otak.
Terkait dengan apa yang terjadi pada bayi Anda, alangkah baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat untuk memastikan apakah kondisi ini merupakah ham yang wajar ataukah tidak. Hal ini bisa diketahui dengan dokter melakukan pemeriksaan fisik pada anak, serta dilakukan pemeriksaan penunjang seperti EEG bilamana diperlukan. Sehingga akan mendapatkan pengobatan dan tatalksana yang sesuai dengan penyebabnya.Pastikan asupan nutrisi dan gizi bayi Anda tetap tercukupi, hindari kelelahan, pastikan suhu ruangan sata tidur nyaman, pastikan lingkungan sekitar tempat tinggal Anda bersih agar tubuh tetap sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
dr. Dwiana A
penyakit anakmasalah tidur anakgangguan tidur anakbayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil