Anak saya dianjurkan periksa hematologi dan diberikan obat sanmol, zinc dan diaresq. Gejala apa ya dok?

RK Info Penanya: RK, Pria, 2019 Tahun
Dok saya mau tanya ini kan anak saya di anjur kan periksa hematologi oleh RS tapi di anjurkan minum obat sanmol syr,zinc syr dan diaresq inti tanda gejala apa Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RK

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kalau dari obat yang diberikan anak anda ada gejala demam dan diare. Sayangnya anda tidak mencantumkan umurnya. Kalau dari obatnya saya perkirakan masih balita ya? Pemeriksaan hematologi untuk melihat apakah ada faktor infeksi dalam hal ini infeksi bakteri. Selain hematologi dokter juga bisa minta pemeriksaan kotorannya.

Memang penyebab diare kebanyakan infeksi virus atau yang disebut orang sebagai flu perut, dan ini biasanya akan berlalu begitu daya tahan tubuh anak anda bisa merespon terhadap infeksinya. Yang dikhawatirkan dokter bila ada infeksi bakteri dan memerlukan pemberian tambahan antibiotika. Demikian penjelasan dari saya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kontaminasi bakteri pada makanan atau minuman bisa menyebabkan diare pada anak

Cara Cepat Menangani Diare pada Anak dan Pencegahannya

dr. Wiendra menyatakan bahwa diare berada di urutan ketiga yang menyebabkan kematian pada anak setelah tuberkulosis dan penyakit hati. Diare sebenarnya merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan bakteri-bakteri dari dalam tubuh yang menyebabkan feses menjadi cair (mencret).