13 Sep 2021, 00:10Perut

Apa penyebab diare pada anak?

SO
Info Penanya: SO0
Hai dok...anak saya berusia 1 tahun 5 bulan.. Anak saya BAB ny kemaren2 mah mencret terus 2 hari kemudian e'e ny..(maaf) air..itu apa karena susu apa bukan dok..terimakasih
25 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan AndaDiare adalah keadaan saat tinja atau feses yang keluar saat BAB, memiliki konsistensi cair. Diare bisa terjadi pada segala usia mulai dari bayi, anak-anak, dewasa hingga usia lanjut. Selain itu, keluhan diare ini juga bsia disertai dengan beberapa keluhan penyerta seperti demam, sakit perut, pusing, mual, muntah dan lain sebagainya.

Di bawah ini adalah kondisi yang bisa menyebabkan diare pada anak:

  • Infeksi bakteri pada saluran pencernaan
  • Infeksi virus pada saluran pencernaan
  • Keracunan makanan
  • Intoleransi produk makanan/ minuman terettnu misalnya susu
  • Atau karena masalah pencernaan yang lainnya
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, salah satu penyebab diare pada anak bisa disebabkan oleh kondisi yang telah disebutkan di atas, termasuk ada juga kemungkinan disebabkan oleh tidak cocok dengan susu formula yang digunakan. Namun, untuk memastikannya sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis anak terdekat agar anak Anda mendapatkan pengobatan dan tatalaksana yang sesuai dengan penyebabnya.Tindakan yang sata ini bisa Anda lakukan saat anak sedang diare adalah tetap berikan minum setelah anak BAB agar tidak dehidrasi, berikan oralit, guankan pakaian yang nyaman, cukupi kebutuahn gizi dan nutrisi anak, pantau kondisi anak, jika tampak lemas dan lemah atau BAK sedikit, menangis tidak keluar air mata dan muncul tanda-tanda dehidrasi lainnya segera ke IGD terdekat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
penyakit anakdiare pada bayidiareperut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil