Anak saya 2,5 tahun tetapi beratnya hanya 9 kilo

DD Info Penanya: DD, Pria, 2019 Tahun
Gejala apa biasa yh dok anak saya 2.5 taun tapi beratyh tidak normal hanya 9 kilo apa yg mesti saya lakukan supaya berat badan anak saya bertmbah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DD,

Tumbuh kembang anak pada usia awal merupakan hal penting karena dapat berpengaruh pada kehidupannya di masa datang. Pemantauan tumbuh kembang juga perlu dilakukan setiap bulan agar memantau apakah tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya. Tumbuh kembang anak juga akan dicatat pada Kartu Menuju Sehat anak sehingga pertumbuhan dan perkembanganya dapat kita ketahui.

Jika saat ini sudah berusia 30 bulan dengan berat 9 kilogram mengindikasikan adanya permasalahan gizi yang perlu segera ditangani. Penyebabnya sendiri dapat dipicu oleh asupan nutrisi yang kurang ataupun adanya penyakit yang menyebabkan anak kurus seperti infeksi paru, gangguan penyerapan nutrisi, malnutrisi energi protein, gangguan makan atau faktor risiko lain seperti lahir dengan berat badan rendah.

Untuk itu segera periksakan anak Anda pada dokter spesialis anak dan spesialis gizi agar segera dilakukan penanganan dan diberikan asupan nutrisi yang sesuai sehingga pertumbuhan anak dapat mengejar pertumbuhan anak sesuai usianya. Hal yang dapat dilakukan selain itu adalah memberikan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang dimana memenuhi unsur kebutuhan nutrisi seperti lemak, karbohidrat, protein, vitamin dan mineral dan mengatasi penyebab lain jika ada. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara mendidik orangtua yang salah bisa menjadi pemicu anak depresi dan merusak perilaku serta psikologi anak

10 Cara Mendidik Anak yang Salah Bisa Berdampak Buruk Bagi Psikologi Anak

Tak hanya faktor eksternal, didikan orangtua juga berkontribusi terhadap depresi yang dialami anak. Cara mendidik anak sangat berpengaruh terhadap psikologi anak. Pertengkaran orangtua dan kondisi rumah tangga yang berantakan dapat menyebabkan anak depresi.