Anak rewel setelah stop ASI

R Info Penanya: R, Wanita, 25 Tahun
Dok, sya ingin bertanya. Ponakan saya usia 22 bulan. Dia stop asi . Sudah di kasih sufor teh manis tp dia tidak mau. Minuman pengganti lain yg aman apa lagi ya dok. Suka rewel kalo bangun mlm minta mimi.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam R,

ASI atau air susu ibu diberikan secara ekslusif selama enam bulan awal kehidupan anak dan dapat dilanjutkan hingga usia 2 tahun. Ketika memasuki usia lebih dari 6 bulan, kebutuhan nutrisi anak berangsur tidak lagi dapat dipenuhi oleh ASI oleh sebab itu perlu diberikan makanan pendamping ASI dan setelah 1 tahun nutrisi didapatkan dari makanan sehari hari dan ASI hanya sebagai penunjang. saat memulai menghentikan ASI atau menyapih akan timbul beberapa permasalahan untuk itu beberapa hal perlu diperhatikan ketika memulai menyapih anak seperti:

  • Memulai dengan perlahan dengan mengurangi frekuensi menyusu
  • Upayakan menyapih secara bertahap dan mengganti dengan makanan padat
  • Mengganti ASI dengan susu botol atau minum menggunakan gelas seperti menggunakan susu sapi sesuai usia
  • Bertahap mengurangi ritual kebiasaan anak seperti tidur perlu menyusu dahulu ataupun kebiasaan lain
  • Tetap berfokus pada kenyamanan anak

Jika anak tidak mau minum pengganti lainnya maka perlu diperhatikan hal apa yang menjadi permasalahannya salah satunya apakah ada ketidaknyamanan anak ketika mencoba minum minuman selain menyusu. Berikan juga anak lebih banyak air putih untuk mencegah kekurangan cairan. Upayakan tidak banyak memberikan teh manis atau minuman manis lainnya untuk menghindari asupan gula berlebih yang dapat berakibat salah satunya kelebihan berat badan pada anak. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama perlu dilakukan saat bayi jatuh, untuk mencegah risiko terburuk yang dapat terjadi.

Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan saat Bayi Jatuh

Saat bayi jatuh, maka ia berpotensi mengalami beberapa risiko cedera. Salah satunya adalah gegar otak. Tindakan pertolongan pertama perlu dilakukan untuk mencegah risiko terburuk yang dapat terjadi.