07 Jun 2020, 22:49Perut

Perut gendut pada anak padahal susah makan nasi, apa tidak apa2 ?

AE
Info Penanya: AE, Wanita, 28 Tahun
Dok anak saya umur 21 bulan, susah makan nasi, makan nasi hanya 2 atau 3 suap?perutnya gendut, sukanya minum aer putihApa yg harus saya lakukan supaya anak saya mau makan dan apa perut gendut gpp buat anak saya?
5747 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, AE.Perut gendut (buncit) pada anak merupakan keadaan yang normal jika tidak berlebihan. Umumnya anak dalam kisaran usia 2 tahun kebawah memang sedikit buncit atau gendut karena pertumbuhan organ dalam seperti organ saluran pencernaan yang hanya diimbangi dengan ruang rongga perut yang terbatas. Apabila perut buncit atau gendut yang dialami anak Anda tidak disertai dengan keluhan seperti kesulitan buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK), muntah maupun diare, maka umumnya masih dalam batas normal.

Adapun beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala perut buncit yang meliputi :

  • hernia
  • sumbatan pada saluran pencernaan
  • masuknya sebagian usus pada bagian usus lainnya (intususepsi)
  • gangguan kadar elektrolit tubuh
  • infeksi tertentu yang berat pada saluran pencernaan
Mengenai pertanyaan Anda, pada dasarnya anak tidak selalu harus mengonsumsi nasi untuk sumber karbohidrat nya, Anda dapat memberikan sumber karbohodrat lainnya seperti kentang, ubi dan jagung jika anak tidak menyukai nasi. Terlebih jika peratumbuhan berat badan dan tinggi badannya baik dan sesuai dengan usianya, maka umumnya masih aman.Berikut terlampir artikel menganai tips mengatasi anak yang susah makan sebagai informasi tambahan untuk Anda. Pemberikan vitamin curcuma pun dapat Anda berikan untuk membantu meningkatkan nafsu makan pada Anak Anda.Apabila terdapat keluhan berkaitan dengan BAB, BAK dan saluran pencernaannya seperti yang telah dipaparkan diatas, periksakanlah Anak Anda kepada dokter terdekat atau secara langsung ke dokter Spesialis Anak.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
penyakit anakmengatasi anak susah makansaluran pencernaan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil