anak pertama lahir secara sectio cesarea, apakah anak kedua bisa lahir normal

TK Info Penanya: TK, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, ketika anak pertama lahir secara SECAR apakah anak kedua nanti bisa lahir secara NORMAL dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TK

Seorang ibu yang melahirkan secara sectio cesarea pasti memiliki indikasi khusus kenapa metode persalinan tersebut harus dilakukan, biasanya terdapat penyulit baik masalah pada janin dan ibu yang membuat tidak bisa lahir normal. Penyulit tersebut diantaranya bayi besar makrosomia, gawat janin, ketuban pecah dini, ibu postur kecil dan pendek, panggul sempit, gagal induksi persalinan normal, persalinan postdate, atau ibu yang memiliki masalah seperti eklampsia dan preeklampsia, kelainan jantung dan paru.

Ibu hamil dengan riwayat sc masih bisa melahirkan normal namun dengan pertimbangan khusus yang dinilai oleh dokter kandungan dengan menghitung skor VBAC/ vaginal birth after cesarea, kriteria tersebut akan dihitung apakah ibu memiliki usia <40 tahun, memiliki riwayat persalinan normal sebelum atau sesudah operasi sc, alasan untuk menjalani sc bukan karena gagal induksi, adanya penipisan serviks >75% dan pelebaran serviks >4cm. Jika kriteria tersebut terpenuh maka terdapat kemungkinan untuk bisa lahir normal, namun resiko ruptur uterus masih ada.

Ibu hamil dengan riwayat persalinan secara sc lebih baik melahirkan secara sectio cesarea ke depannya, hal yang ditakutkan adalah luka bekas operasi sc dulunya dapat memicu robek dan ruptur uterus saat akan melahirkan secara normal, kondisi ini dapat menyebabkan perdarahan hebat dan mengancam nyawa ibu dan janin jika tetap memaksakan untuk lahir normal. Untuk itu biasanya dokter kandungan akan lebih menyarankan untuk operasi sectio pada ibu hamil dengan riwayat sc sebelumnya.

Untuk pilihan persalinan anak selanjutnya, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kandungan anda. 

Salam sehat

dr.Zulham

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda bisa memperoleh manfaat dari ikan gabus yang telah diolah dengan cara digoreng

Mengejutkan, Manfaat Ikan Gabus untuk Pemulihan Pascamelahirkan

Ikan gabus mengandung nutrisi yang lebih tinggi dibanding ikan bandeng. Kandungan asam amino dan asam lemak esensial dalam ikan gabus membuat manfaat ikan gabus sangat baik bagi pasien pascaoperasi.