anak panas tinggi diatas suhu 39 dan tidak kunjung turun

B Info Penanya: B, Pria, 34 Tahun
Dokter, saya mau tanya jika anak panas tinggi di atas suhu 39° di beri peta ol tidak kunjung turun dan badan berasa dingin, mata sakit untuk di buka. Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam B

Kondisi demam menjadi respon imunitas tubuh untuk menghambat dan melawan infeksi baik akibat virus dan bakteri. Namun jika terjadi demam yang sangat tinggi/ hiperpireksia diatas 39 dapat membuat pasien anak menjadi lemas bahkan kejang. Ada banyak sumber infeksi penyebab demam pada anak diantaranya demam berdaraha, infeksi pernafasan, tiphoid, infeksi saluran kemih dan lainnya.

Untuk menurunkan panas biasanya diberikan parasetamol, biasanya dengan dosis yang tepat dapat menurunkan panas pada anak. Anak juga harus banyak minum untuk membantu menurunkan panas disertai kompres pada kepala. 

Namun jika demam sangat tinggi dan tidak turun maka sebaiknya anda segera membawa anak anda untuk berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan evaluasi sumber infeksi dan tatalaksana demam yang lebih tepat. 

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tindakan pencegahan DBD dilakukan untuk menghindari penyakit DBD

7 Cara Paling Efektif Dalam Pencegahan DBD

Demam berdarah dengue masuk dalam salah satu daftar ancaman kesehatan global yang menjadi fokus WHO di tahun 2019 ini. Itulah sebabnya, kita semua perlu melakukan tindakan pencegahan DBD untuk mencegah nyamuk DBD berkembang dan terhindar dari penyakit DBD.