Anak muntah dan diare, bagaimana solusinya ?

II Info Penanya: II, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya mau tanya.. anak saya muntah dan diare. Sepertinya tdk ada masalah dengan malannya karna saya buat makanan sendiri. Dr dokter klinik saya dapat obat diare, mual dan muntah, zink, sama antibiotik. Tp tidak kunjung reda. Apalagi stelah minum zink nya pasti langsung muntah. Gimana ya dok? Dan makanan apa yang harus saya buat biar dia lekas sembuh. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IIS

Terimakasih atas pertanyaannya.

Muntah disertai diare adalah gejala dari gastroenteritis yaitu peradangan pada lambung dan usus. Muntah dan diare berbahaya terhadap anak kecil karena dapat menyebabkan dehidrasi dengan cepat. Bila sudah ada tanda dehidrasi maka mau tidak mau anak ibu memerlukan cairan segera melalui infus.

Tanda dehidrasi diantaranya :

  • kencing berkurang dan air seni yang lebih gelap dari biasanya
  • lebih jarang kencing (kurang dari 6 popok basah sehari untuk bayi dan 8 jam tidak kencing buat anak)
  • merasa haus (bayi akan menangis, mudah marah dan ingin segera minum)
  • nafsu makan berkurang
  • berat badan turun
  • mulut kering
  • tidak ada air mata
  • kulit tidak sekenyal atau elastis seperti biasanya
  • mengantuk

Pertolongan pertamanya untuk bayi teruskan berikan ASI karena kandungan cairan dan elektrolitnya yang dibutuhkan untuk mencegah dehidrasi. Jika memberikan susu formula, ganti ke yang bebas laktosa karena dapat menambah diare. Sebaiknya diberikan cairan rehidrasi seperti oralit.

Untuk balita dan anak kecil, gunakan cairan rehidrasi serta pada anak lebih tua dari 1 tahun bisa diberikan sup bening atau jus yang diencerkan air putih. Karena air putih saja tidak mengandung garam dan nutrisi yang dibutuhkan saat dehidrasi.

Sebaiknya kontrol kembali ke Dokter, lebih baik lagi dengan Spesialis Anak agar mendapat terapi yang sesuai. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hindari makanan penyebab diare agar Anda tidak mengalami inkontinensia tinja

Apa Saja Makanan Penyebab Diare yang Harus Anda Hindari?

Penyebab diare tidak hanya karena bakteri dan virus, tetapi juga dapat dikarenakan makanan. Makanan-makanan tertentu bisa menimbulkan diare dan bahkan beberapa makanan tersebut sebenarnya cukup sering kita lihat di rumah maupun supermarket seperti makanan cepat saji, makanan yang berbumbu pedas, bawang bombay dan masih banyak lagi.